Perancangan Penataan Sentra Kuliner Dan Toilet Umum Di Taman Kota Denpasar

I Made Juniastra

Abstract


Taman Kota Denpasar atau yang lebih umum disebut Lapangan Lumintang memang menjadi pusat rekreasi dan olahraga di Kota Denpasar. Letaknya yang strategis di pusat permukiman dan perkantoran dan di pinggir jalan utama (Jl. Gatot Subroto) menyebabkan aktivitas di taman kota menjadi sangat ramai. Demikian juga keberadaan lapangan umum di sebelah selatan, Art Centre Darma Negara Alaya di sebelah barat, dan Pura Agung Lokanatha Denpasar di sudut timur laut taman kota menegaskan pentingnya keberadaan taman kota menjadi pusat orientasi kawasan. Keberadaan area kuliner dan toilet umum tentu sangat penting untuk menunjang fungsi taman kota dan fasilitas publik lain di sekitarnya.  Keberadaan area kuliner dan toilet umum sekarang terletak di lereng sungai yaitu sebelah selatan pura dan tepat di samping panggung seni terbuka, sehingga mengganggu pemandangan dan kebersihan dari taman kota. Penataan zonasi ruang, pencahayaan dan penghawaan, sirkulasi pencapaian, serta struktur menjadi titik penting dari perancangan agar bisa mewadahi fungsinya dan menunjang keindahan taman kota. Perancangan penataan dilakukan dengan memanfaatkan potensi site di pinggir sungai dengan kondisi berlereng. Bangunan direncanakan bertingkat kebawah. Area kuliner dan public toilet diletakkan di lantai bawah (basement) dan lantai atas berupa pelat beton menjadi bersih dan terbuka untuk dijadikan lapangan dan taman hijau. Demikian juga keberadaan sungai menjadi sisi depan dari area kuliner sehingga otomatis akan lebih terjaga kebersihannya.

Keywords


Perancangan; Industri Kuliner; toilet umum; taman kota

Full Text:

PDF

References


Juniastra, I. M. (2019). Re-Design Homestay Lokal Selaras Dengan Industri Pariwisata. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 2(2), 40-51.

Eko Budiharjo. 1997. Arsitektur Dan Kota Indonesia. Penerbit Alumni.

Gulo, A. A., Aritonang, E. R., & Naibaho, P. (2018). Usulan Penataan Pedagang Kaki Lima di Kawasan Lapangan Merdeka Medan. Jurnal Arsitektur ALUR–Vol, 1(2).

Pemerintah Kota Denpasar Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Dan Pertanahan. (2019). DED Penataan Toilet, Tempat Kuliner, Pos Jaga Taman-Taman Di Kota Denpasar.

Juniastra, I. M. (2021). Perkembangan Arsitektur Bale Banjar Ditinjau dari Fungsi dan Pelestarian Budaya Bali. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 18(1), 36-45.




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v4i1.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats