Analisis Konsumsi Energi Listrik Dua Motor Induksi Tiga Fasa Antara Terhubung Langsung Dengan Terhubung Tukar Fasa

IG Suputra Widharma, IM Sajayasa, IN Sunaya, IM Budiada

Abstract


Motor Induksi 3 fasa merupakan jenis motor yang paling banyak digunakan sebagai penggerak berbagai macam beban pada industri karena pengoperasian dan pemeliharaannya relatif mudah.  Motor induksi digunakan mulai dari yang berkapasitas kecil sampai kapasitas besar. Untuk kapasitas di bawah 5 kW motor induksi tidak memerlukan alat bantu pengasutan alias dapat dihubungkan secara langsung dengan sumber 3 fasa yang dikenal dengan sistem DOL (direct on line).

Secara umum pengoperasian terhadap 2 motor induksi biasanya dilakukan dengan menghubungkan kedua motor induksi tersebut secara paralel pada satu kWh meter 3 fasa. Metode lain yang digunakan adalah kemungkinan kedua motor tersebut dicatu dari kWh meter tersendiri sehingga untuk dua motor tersebut menggunakan 2 kWh meter.

Dalam penelitian akan ditinjau konsumsi pemakaian energy listrik pada 2 kondisi yang berbeda. Yang pertama dengan kondisi kedua motor disuplai dari satu kWh meter bersama, dan yang kedua masing-masing motor disuplai dari kWh meter tersendiri. Pengoperasian dua motor Induksi 3 Fasa dengan salah satu fasa ditukar konsumsi energinya lebih hemat dibandingkan dengan yang terhubung langsung. Dalam satu bulan terjadi penghematan sebesar 14.784 KWh dengan asumsi motor beroperasi 8 jam sehari dengan 24 hari kerja sebulan.


Keywords


Motor induksi; kWh meter; fasa ditukar

Full Text:

PDF

References


A.F. Puchstein, T.C. Lloyd, A.E. Conrad, 1972. Alternating Current Machines, Edisi Ketiga, Modern Asia Edition, John Wiley & Sons Inc.

Fitzgerald, A.E. Mesin Mesin Listrik, Edisi Keempat, terjemahan Achyanto, Jakarta, Erlangga.

Lister, Eugene C., 1988. Mesin dan Rangkaian Listrik, Edisi Keenam, terjemahan Ir. Drs. Hanapi Gunawan, Jakarta, Erlangga.

Malik, IA, Nasrun H, Syahrial. 2013. Analisi Penghematan Energi Motor Listrik di PT.X. Jurnal Reka Elkomnika vol. 1 (3)

Soelaiman, Prof. Ts. MHD, Magarisawa, Mabuchi. 1984. Mesin Tak Serempak Dalam Praktek. Jakarta, PT. Pradnya Paramita.

Sajayasa, IM, IG Suputra Widharma, IK Amerta Yasa. 2008. Performansi Motor Induksi Tiga Phasa pada Kondisi Operasi Satu Phasa dalam Perspektif Neuro Fuzzy Analisis. Jurnal Teknologi Elektro vol. 7 (1)

Suputra Widharma, IG, IM Sajayasa. 2016. Penjadwalan Waktu Beban Kerja Dengan Metode Algoritma Active Schedule Dan Heuristic Schedule Untuk Efisiensi Daya Listrik. Matrix 4 (1)

Zuhal, 1982. Dasar Tenaga Listrik, Bandung, ITB.




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v4i1.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats