MODEL TERINTEGRASI MEWUJUDKAN SUSTAINABLE TOURISM DI BALI BERBASIS PADA PELESTARIAN BUDAYA DAN DIGITAL MARKETING

I Made Agus Mahendra, Wayan Ardani, Ni Wayan Ari Sudiartini, L. Virginayoga Hignasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah model terintegrasi untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Bali, dengan mengeksplorasi pengaruh pemerintah pusat, pemerintah daerah, desa adat, pemberdayaan masyarakat, badan usaha milik negara (BUMN) perusahaan swasta, kearifan lokal, Sad Kerthi, dan digital marketing terhadap pelestarian budaya Bali dan pariwisata berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature review (SLR). Hasil penelitian ini menunjukkan pemerintah berperan dalam promosi baik pada tingkat internasional dan nasional, menyusun dan menerapkan kebijakan regulasi, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, infrastruktur, perlindungan situs dan budaya serta pemberian insentif. Desa Adat merupakan landasan dalam pembentukan karakter dan jati diri masyarakat. Pariwisata berbasis masyarakat bertujuan untuk melibatkan masyarakat dalam pengembangan pariwisata untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat saat ini dan di masa yang akan datang. BUMN dan perusahaan swasta dapat membantu pengembangan pariwisata dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya dalam pelestarian budaya. Selain itu, digital marketing merupakan cara yang sangat efektif untuk promosi pariwisata untuk terwujudnya pariwisata berkelanjutan.  Melalui penerapan enam prinsip yang tercantum dalam Sad Kerthi, masyarakat Bali dapat memelihara tradisi, ritual, dan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan secara turun-temurun, yang sangat relevan dengan unsur-unsur penting dalam mewujudkan sustainable tourism di Bali.

Keywords


Digital Marketing; Pariwisata Berkelanjutan; Sad Kerthi.

Full Text:

PDF Artikel

References


Ardani, W., Sudiartini, N.W.A., Yudhaningsih, N.M. (2024). Establishing Sustainability in the Tourism Villages of Bali. Proceeding 4th International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS). pp. 446-455.

Asy’ari, R., Tahir, R., Rakhman, C. U., & Putra, R. R. (2021). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 8(1), 47–58. Retrieved from http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/292.

Cavalheiro, M. B., Joia, L. A., & Cavalheiro, G. M. do C. (2020). Towards a Smart Tourism Destination Development Model: Promoting Environmental, Economic, Socio-cultural and Political Values. Tourism Planning and Development, 17(3), 237–259.

Dolnicar, S. (2020). Designing for more environmentally friendly tourism. Annals of Tourism Research, 841–10. https://doi.org/10.1016/j.annals.2020.102933

Effendi, D., & Prastiyo, E. B.(2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Kampung Tanjung Siambang Kota Tanjungpinang. Jurnal Neo Societal, 5(4). Retrieved from http://dx.doi.org/10.52423/jns.v5i4.1279

Gallardo-Gallardo, E. and Thunnissen, M. (2016) ‘Standing on The shoulders of Giants? A Critical Review of Empirical Talent Management Research’, Employee Relations, 38 (1) : 31-56.

Kemenparekraf/ Baparekraf RI, 2022, https://www.kemenparekraf.go.id/raga pariwisata/7-Desa-Wisata-yang Mengusung-Konsep-Sustainable-Tourism.

Khan, N., Hassan, A. U., Fahad, S., & Naushad, M. (2020). Factors Affecting Tourism Industry and Its Impacts on Global Economy of the World. SSRN Electronic Journal, 23(March), 1–32. https://doi.org/10.2139/ssrn.3559353.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Budaya Bali

Permatasari, I. (2022). Peran Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism) di Bali. Kertha Wicaksana: Sarana Komunikasi Dosen dan Mahasiswa. 16 (2). pp 164-171.

Sanchez-Rebull, M..V., Rudchenko, V., Martín, J.C. 2018. The Antecedents andConsequences of Customer Satisfation in Tourism: A Systematic Literature Review’, Tourism and Hospitality Management, Vol. 24, No. 1 : 151-183.

Smith, M. & Kelly, C. 2006. Holistic Tourism-Journeys Of The Self. Tourism Recreation.

Wijaya, N. S., & Sudarmawan, I. W. E. (2019). Community Based Tourism Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di DTW Ceking Desa Pekraman Tegallalang. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 10(1), 77–98. Retrieved from https://doi.org/10.22334/jihm.v10i1.162

Thorpe, R., Holt, R., Macpherson, A. and Pittaway, L. (2005) ‘Using knowledge within small and medium - sized firms: a systematic review of the evidence”, International Journal of Management Reviews, 7 : 257-281.

Tranfield, D., Denyer, D. and Smart, P. (2003) ‘Towards a methodology for developing evidence-Informed management knowledge by Means of systematic review’, British Journal of Management, 14 : pp. 207-222.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15.Tahun 2023 Tentang Provinsi Bali.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v8i1.1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats