MODEL PENGARUH SEPEDA MOTOR TERHADAP ARUS JENUH DAN TINGKAT KEBERHASILAN RUANG HENTI KHUSUS DI JALAN PAHLAWAN KOTA TABANAN, BALI

I Made Kariyana, Ni Putu Suda Nurjani

Abstract


Permasalahan transportasi sering terjadi di kota-kota besar, termasuk kemacetan tundaan dan lainnya yang disebabkan meningkatnya aktivitas masyarakat dan pergerakan ekonomi. Hal ini menuntut peningkatan sarana transportasi yang berdampak pada menurunnya kinerja jalan dan persimpangan, terutama di Kota Tabanan, Bali. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode regresi linier sederhana agar memperoleh arus jenuh kendaraan pada pendekat simpang dan model regresi arus jenuh pada kaki simpang. Hasil penelitian menunjukkan model pengaruh sepeda motor terhadap arus jenuh di Simpang Barat Pendekat Timur dengan persamaan: Y = 101,080 + 19,639X (R² = 0,735). berarti jika volume kendaraan sepeda motor meningkat, nilai arus jenuh juga meningkat. Pengaruh sepeda motor terhadap arus jenuh adalah 73,50%, dan 27,50% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpang Timur Pendekat Barat, model yang diperoleh adalah: Y = 135,277 + 19,402X (R² = 0,651). Peningkatan volume sepeda motor juga meningkatkan arus jenuh, dengan pengaruh sebesar 65,10% dan 35,90% dipengaruhi oleh faktor lain. Tingkat keberhasilan RHK pada Simpang Barat Pendekat Timur adalah 73,3%, dan pada Simpang Timur Pendekat Barat adalah 66,6%, keduanya termasuk kategori cukup berhasil diterapkan.

Keywords


Arus Jenuh; Model; Regresi Linier.

Full Text:

PDF Artikel

References


Adams, C.A., Zambang, M.A.M. and Opoku-Boahen, R. 2015. Effects of Motorcycle on Saturation Flow Rates of Mixed Traffic at Signalized Intersection in Ghana. International Journal of Traffic and Transportation Engineering, Vol. 4(3): 94-101.

Amelia, S. and Juanita. 2011. Efektivitas Penerapan Ruang Henti Khusus (RHK) Di Persimpangan Jalan Perkotaan. Majalah Ilmiah Techno, Vol. 12(2): Hal. 94-100.S. Zhang, C. Zhu, J. K. O. Sin, and P. K. T. Mok, “A novel ultrathin elevated channel low-temperature poly-Si TFT,” IEEE Electron Device Lett., vol. 20, pp. 569–571, Nov. 1999.

Departemen Pekerjaan Umum. 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga..

Fadli, S. dan Elkhasnet. 2012. Perbandingan Nilai Arus Jenuh Pada Pendekat Simpang Dengan Dan Tanpa Ruang Henti Khusus. Jurnal Transportasi, Vol. 12(3): 217-226. (2002) The IEEE website. [Online]. Available: http://www.ieee.org/

Indriastuti, A.K., Priyono, E.E.Y., Widowati, L.A. and Zuhri, A.S. 2019. Adjusted Saturation Flow of Some Signalized Intersection in Semarang, Indonesia. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, Vol.615: 1-10.FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2015. Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Simpang Bersinyal di Kawasan Perkotaan. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Minh, C.C. and Sano, K. 2003. Analysis of Motorcycle Effects to Saturation Flow Rate at Signalized Intersection in Developing Countries. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol.5: 1211-1222.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta; Bandung.

Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Edisi Kedua. Bandung: ITB.

Vien, L.L., Ibrahim, W.H.W. and Farhan, A.M. 2008. Effect of Motorcycles Travel Behaviour on Saturation Flow Rates at Signalized Intersections in Malaysia. 23rd ARRB Conference – Research Partnering with Practitioners, Adelaide Australia.




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v8i1.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats