ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PIZZA DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DI RESTORAN PIZZERIA ROMANA JIMBARAN
Abstract
Pertumbuhan industri makanan dan minuman di Bali, persaingan antar restoran semakin ketat. Untuk tetap kompetitif, restoran harus mampu mengelola berbagai aspek operasionalnya secara efisien, salah satunya adalah manajemen persediaan bahan baku dan perhitungan biaya produksi di Restoran Pizzeria Romana Jimbaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan inventori bahan baku, penerapan metode Economy Order Quantity (EOQ), dan perhitungan biaya produksi pizza di Restoran Pizzeria Romana Jimbaran. Data yang dibutuhkan berupa data tentang jumlah kebutuhan bahan baku, pembelian bahan baku serta biaya-biaya yang ditimbulkan dalam pemesanan dan penyimpanan bahan baku selama tahun 2023. Metode yang digunakan penulis adalah metode EOQ (Economic Order Quantity). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi langsung serta dokumentasi.Hasil dalam penelitian ini menunjukan pengelolaan persediaan bahan baku di Restoran Pizzeria Romana Jimbaran dilakukan melalui proses yang terstruktur dan sistematis untuk memastikan efisiensi dan kualitas dalam penyajian pizza kepada pelanggan. Metode Economy Order Quantity diterapkan untuk mengelola persediaan bahan baku pizza dengan efisien, bertujuan meminimalkan total biaya persediaan serta menentukan jumlah pesanan optimal bagi setiap bahan baku, mengurangi biaya yang tidak perlu, dan meningkatkan efisiensi operasional. Analisis biaya produksi membantu menentukan biaya bahan baku per porsi pizza dan menghitung harga pokok penjualan (HPP) untuk tiga jenis pizza yang laku terjual dengan kesimpulan pizza buratta memberikan keuntungan tertinggi, pizza beef pepperoni menghasilkan keuntungan terendah serta pizza vegetarian menunjukkan keseimbangan baik antara efisiensi biaya dan profitabilitas.
Keywords
Full Text:
PDF Full ArticleReferences
Abadi, R. R; Nursyamsi, I; Munizu, M. 2020. Effect Of Customer Value And Experiential Marketing To Customer Loyalty With Customer Satisfaction As Intervening Variable (Case Study On Gojek Makassar Consumers). Vol.13.
Ahmad, G.N. 2018. Manajemen Operasi. Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara
Akhmad Pide. 2018. Manajemen Operasi (Teori Dan Aplikasi Dalam Dunia Bisnis). Azkiya Publishing.
Andespa, Ira. 2020. Analisis Pengendalian Mutu Dengan Menggunakan Statistical Quality Control (Sqc) Pada Pt. Pratama Abadi Industri (Jx) Sukabumi. Ejurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.2 (2020):129-160 129. Issn: 2337-3067
Anjani, Yanti; Barlian, Barin; Arisman, Ari. 2023. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ (Studi Kasus Pada PD Jaya Lestari Di Kabupaten Garut). Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Vol 1, No 6.
Bakri, Bachyar; Intiyati, Ani; Widartika. 2018. Bahan Ajar Gizi Sistem Penyelenggaraan
Carter; William K; Usry, Milton F. 2014. Akuntansi Biaya. Diterjemahkan Oleh Krista. Buku 1. Edisi Keempat Belas. Jakarta: Salemba Empat.
Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
Fahmi Sulaiman, Nanda. 2015. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode EOQ Pada UD. Adi Mabel. Jurnal Teknovasi, Volume 02, 1-11.
Guritno, A. D Dan Harsasi, M. 2014. Pengantar Manajemen Rantai Pasok. Jakarta: Universitas Terbuka.
Handoko, T. H. 2020. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta
Heizer, J., And Render, B. 2017. Manajemen Operasi. Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat
Indrajit, R. E. 2020. Manajemen Persediaan. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).
Keown, A. J. 2019. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Penerbit Ekonomi Modern.
Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
PGRS. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit. Depkes Ri : Jakarta.
Stevenson, William J. Dan Chee Chuong, Sum. 2014. Manajemen Operasi Perspektif Asia. Edisi 9, Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.
Supriyono, H. 2019. Sistem Informasi Pendaftaranseminar Dengan Tiket Berbasis QR Code. Jurnal Emitor, 19(1), 36–40.
Yamit, Z. 2013. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa (1st Ed.). Yogyakarta: Ekonisia.
DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v7i2.1122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :
Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats