ANALISIS STRATEGI GENERIC MICHAEL E PORTER PADA PRODUK HYUNDAI PT. SHINARI PUTRA KENCANA KOTA PADANG

Widya Rahmawati, Sapta Eka Putra, Yuliarni Putri

Abstract


PT. Shinari Putra Kencana adalah perusahaan yang memegang merek Hyundai yang memiliki 6 cabanng dealer yaitu Bandung, Bekasi, Lampung, Padang, Medan dan Aceh. Perusahaan yang ada di kota Padang berdiri sejak tahun 2020 yang saat ini dipimpin oleh ibuk Wewen. Hyundai sekarng ini dipegang langsung oleh Korea, ATPMnya sekarang adalah Hyundai Motor Indonesia yang bertempat di Cikarang dan sudah memiliki pabrik yang dapat merakit beberapa tipe kendaraan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menghasilkan gambaran data yang akurat. Hasil analisa menunjukkan bahwa pada strategi kepemimpinan harga PT. Shinari Putra Kencana Kota Padang, perusahaan melakukan strategi bersaing  dengan menawarkan harga yang murah dari  pesaing  lain. Memberikan harga yang dapat dijangkau  oleh masyarakat yang ingin memiliki kendaraan. PT. Shinari Putra Kencana Kota Padang juga menekan biaya overhead pada barang dan jasa agar  pembeli tidak beralih ke pesaing lain. Strategi diferensiasi PT. Shinari Putra Kencana Kota Padang menawarkan produk Hyundai yang memiliki biaya perawatan  yang lebih rendah, jasa pelayanan yang lebih baik, perawatan yang tidak memakan waktu lama dan oncderdil yang tidak susah untuk mendapatkannya atau langka , kenyamanan yang lebih besar dalam produk serta  fitur produk dan pelanan yang lebih banyak. Pada strategi fokus. PT. Shinari Putra Kencana Kota Padang fokus pada keunggulan  produk pada beberapa tipe yang dapat membedakan Hyundai dengan pesaing lain seperti fitur-fitur yang ada di dalam mobil (ventilated seat, wireless charger, Air purifier ini mampu membersihkan udara yang ada di dalam kabin dari debu dan kotoran, ruang interior yang luas dan nyaman), desain mobil, dan kenyamanan.

Keywords


Strategi Generik Michsel E Porter; Strategi Kepemimpinan Harga; Strategi Diferensiasi; Strategi Fokus

Full Text:

PDF Full Article

References


David Fred R. dan David Forest R. 2017. Strategic Management concepts and cases A Competitive Advantage Approach. Sixtennth Edition. England. Pearson Education Limited.

Porter, Michael E. 2018. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Cetakan ke-2. Jakarta. PT. Gelora Aksara Pratama

Ramadania Devi Fitriani dan Dharma Budi. 2023. Analysis Michael E Porter's Generic Strategy on Increasing Furniture Products Sales. Journal of Management and Business Innovations. Volume: 05, No: 02, 2023. ISSN: 2686-5602. 3457

Rijali Ahmad.2018. Analisis data kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin.

Syahril Dan Bachtiar. 2016. Analisis Generic Strategy Model Michael Porter pada PT. Cahaya Murni Borneo TimurUntuk Menentukan Pilihan Strategi Di Balikpapan. JEMI Vol 16/No 2/Desember/2016. 131

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v7i2.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats