IMPLEMENTASI METODE WEBQUAL PADA KUALITAS PELAYANAN WEBSITE GRAB

I Dewa Nyoman Usadha, Ayu Sudha Sucandrawati

Abstract


Abstrak

 

Penerapan teknologi dan informasi melalui internet menyebabkan perubahan dalam strategi binis belakangan. Penelitian ini mengambil implementasi metode webqual pada Kualitas pelayanan website Grab. Populasi dalam penelitian ini adalah mengambil populasi berdasarkan jumlah pengguna website Grab pada tahun 2022 yang dimana setiap bulannya terdapat 50 orang, jadi total keseluruhan di tahun 2022 sebanyak 600 orang. Penulis mengambil jumlah sampel sebanyak 120 orang atau 20% dari jumlah populasi yaitu 600 orang.  Metodelogi penelitian ini menggunakan penelitian ini melalui analisis distribusi frekwensi dan  Instrumen Rata-Rata Skor Pada Skala Linkert

 

Hasil temuan penelitian ini adalah Kualitas layanan website grab dengan 3 dimensi metode webqual yaitu Usability, Information Quality, dan Interaction Quality berpengaruh positif dan signifikan yang memiliki skor rata-rata 3,34 (sangat puas). Tanggapan balik (feedback) mengenai website grab kepada pihak grab menghasilkan rata-rata tanggapan yang positif. Tanggapan konsumen terhadap website grab juga menghasilkan tanggapan yang positif dan Website Grab dalam memenuhi kebutuhan konsumen menghasilkan tanggapan yang positif.

 Kata Kunci; Webqual, Kualitas Pelayanan.


Keywords


Webqual, Kualitas Pelayanan.

Full Text:

PDF PDF

References


Ariffud Muhamad (2023) https://linktr.ee/ariffud .

Apriyani, Dwi Aliyyah & Sunarti, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Survey pada konsumen The Llittle A Coffe Shop Sidoharjo). (https://docplayer.info/58840339-Pengaruhkualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-survei-padakonsumen-the-little-a-coffee-shop-sidoarjo.html)

Ari, Efendi, dan Udaya, J. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Andi: Yogyakarta

Asdi. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pasien pada Rumah Sakit Syech Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa. (https://www.academia.edu/38187377/Pengaruh_Kualitas_ Pelayanan_terhadap_Kepuasaan_Pasien_pada_Rumah_Sakit_Syech_Yusuf_Sungguminasa_Kabupaten_Gowa.)

Hasan, Ali. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, cetakan 1. Yogyakarta: CPAS

Haladi, Athira Yasmin. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Gojek Di Kota Surabaya. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalakuntansi/art icle/viewFile/27144/24845).

Panjaitan, Januar Efendi & Yulianti, Ali Lili. (2016). Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan pada JNE cabang Bandung (https://www.academia.edu/36265593/Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan pada JNE cabang Bandung)

Kotler. P ., dan Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi kedelapan. Erlangga: Jakarta

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas jilid 1 dan dialihbahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlanggan

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat Lupiyoadi (2001) Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarata: Salemba Empat M. Nur Nasution. (2004) Manajemen Jasa Terpadu. Bogor. Graha Indonesia

Rifaldi, Kadunci dan Sulistyowati (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek terhadapat Kepuasaan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negri Jakarta. (https://www.academia.edu/35467709/Pengaruh_Kualitas_ Pelayanan_Transportasi_Online_Gojek_terhadap_Kepuasaan_ Pelanggan_Pada_Mahasiswa/I_Administrasi_Niaga_Politeknik Negri Jakarta.)

Sumarni, Murti dan Jhon Soeprihanto, (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Yazid. (2008). Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonosia

Yuliana, Ni Nyoman dan Putu Riyasa. 2007, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi kepuasaan Pelanggan Dalam PDAM Kota Denpasar. Denpasar: Buletin Studi Ekonomi Volume 12 Nomor 1 Tahun 2000 (https://teorionline.files.wordpress.com/2010/06/jurnalanalisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepuasan pelanggan.pdf)




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i1.995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats