STUDI KELAYAKAN PROGRAM CICILAN E-WALLET SHOPEE PAYLATER DAN DAMPAKNYA TERHADAP GAYA HIDUP HEDONISME PADA GENERASI Z

ketut murdani murdani, I Kadek Widhiantara, I Putu Deva Putra Armedio

Abstract


ABSTRAK

Shopee Paylater ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan setiap lini  masyarakat terutama pada Generasi Z yang serba online yang dirasa cepat dan instan. Kemudahan dalam pengajuan serta pengaplikasian Shopee Paylater membuat Generasi Z mengubah gaya hidupnya yang dulunya takut berhutang kini menjadi pengguna setia layanan ini. Dengan adanya fitur Shopee paylater jadi semakin membuat niat belanja Generasi Z Indonesia semakin besar karena sistemnya bisa bayar belakangan jadi sifat hedonisme pun juga bisa dengan mudah menyebar kemana mana karena Generasi Z terlalu konsumtif.

Jenis penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan riset naratif dan penelitian ini berlokasi di Denpasar. Kriteria sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Generasi Z pengguna Shopee PayLater di Denpasar dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun analisis kelayakan menggunakan analisis non-keuangan dengan analisis aspek pemasaran, aspek ekonomi dan anilisis SWOT.

 Hasil penelitian ini Shopee Paylater ini sangat disukai oleh Generasi Z karena metode pembayaran yang praktis dan cepat, syarat dan proses pengajuan yang mudah sangat menjanjikan dan juga bunga yang ditetapkan cukup rendah. Strategi yang dipakai adalah SO (Strenght Opportunity) yaitu memanfaatkan kekuatan dan peluang dengan cara memperbesar kekuatan yang ada seperti Memperluas pemasaran pada Generasi Z melalui promosi lewat media sosial. Saran dari peneliti kepada Generasi Z wajib lebih berhati hati dalam menggunakan Shopee Paylater agar tidak terjebak dalam utang atau masalah keuangan lainnya karena bisa mengarah pada pengeluaran yang tidak terkontrol dan berpotensi merusak keuangan pribadi mereka lalu menjadi hedonisme.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Astari, A. A. E., Sudiartini, N. W. A., & Sari, N. L. P. R. (2021). Studi Kelayakan Inovasi Produk pada Arimasta Silver di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 6(2), 153-170.

Astari, A., Yasa, N., Sukaatmadja, I., & Giantari, I. G. A. K. (2022). Integration of technology acceptance model (TAM) and theory of planned behavior (TPB): An e-wallet behavior with fear of COVID-19 as a moderator variable. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1427-1436.

Kasmir. Jakfar. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka.

Saputra, M. B., Astari, A. A. E., &Indiani, N. L. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN CASHLESS (E-WALLET) SEBAGAI SARANA UNTUK MEMUTUS PERKEMBANGAN VIRUS (TINJAUAN ASPEK PEMASARAN KELAYAKAN BISNIS). Nusantara Hasana Journal, 2(3), 254-260.

Shopee. (2018). Diunduh pada tanggal 08 Juni 2023.

https://help.shopee.co.id/portal/article/72939-[SPayLater---Limit-&-Aktivasi]-Bagaimana-cara-mengaktifkan-SPayLater%3F

Wizznotes. (2017). Purpose of a feasibility study.Diunduh pada tanggal 11 Juni 2023. Retrieved from wizznotes.com: http://wizznotes.com/pob/establishing-a-business/purpose-of-a-feasibility-study




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i1.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats