PENGARUH PROMOSI ONLINE WIB KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN TOKOPEDIA DI KECAMATAN GIANYAR)

Made Mulia Handayani, Wayan Meryawan, Cokorda Istri Agung Vera Nindia Putri, Komang Triana Dewi

Abstract


Tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial promosi online WIB, kepercayaan dan persepsi harga terhadap minat beli ulang konsumen Tokopedia di Kecamatan Gianyar. Jumlah sampel ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 96 orang, pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara stratified random sampling yaitu Berarti responden yang diambil sebagai sampel adalah seluruh konsumen yang diambil secara acak dengan menetapkan criteria yaitu 1) konsumen yang berdomisili di wilayah Kecamatan Gianyar, 2) memiliki aplikasi Tokopedia, 3) pernah berbelanja melalui aplikasi Tokopedia lebih dari sekali, 4) mengikuti promo WIB dan 5) berusia 17 tahun keatas karena pada usia tersebut konsumen sudah memiliki KTP, sudah bisa membuat rekening bank serta sudah memilikie-mail. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis koefisien regresi linier berganda, analisis determinasi, analisis Uji F, dan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan maupun parsial promosi online WIB, kepercayaan dan persepsi harga terhadap minat beli ulang konsumen Tokopedia di Kecamatan Gianyar.


Keywords


Promosi Online, Kepercayaan, Persepsi Harga, Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Achmad, Jamaludin., Zainul, Arifin., Kadarisman, Hidayat. (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Skripsi. Fakultas Ilmu Administrasi. Jawa Timur: Universitas Brawijaya.

Budi, Prasetiyo., Dita, Prihatiningtyas. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Situs Belanja Online Shopee.Co.id (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Belanja Online Shopee.Co.id Di Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Bisnis & Teknologi. Volume 14, Nomor 1 Bulan Juni 2022 p-ISSN : 1410-9654, e-ISSN : 2715-9523.

Dhena Yunita Sari, Made., Sukaatmadja, I Putu Gde, Kerti Yasa, Ni Nyoman. (2016). Peranan Kepercayaan Memediasi Pengetahuan Dengan Partisipasi Pengguna Toko Online Di Kota Denpasar. e-Journal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana 5.5 (2016) ISSN: 2337-3067

Dinda, Aria Andriani. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Konsumen Produk Fashion Online Di Kelurahan Sawah Brebes). Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Fitri, Tira Nur. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol. 03 No. 01, Maret 2017 ISSN : 2477-6157.

Hartiwi, Prabowo., Darman., Enny, Noegraheni. (2014). Analisis Kepercayaan Dalam C2c E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Repurchase Pada Kaskus. Binus Business Review. Vol. 5 No. 1 Mei 2014: 301-314.

Kenny, Jaya Adinata., Kerti Yasa, Ni Nyoman. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 7, No. 8, 2018: 4153-4180 ISSN: 2302-8912.

Kotler, Philip., Armstrong, Garry. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

Lee, E.-J., Shin, S.Y. (2014). When Do Consumers Buy Online Product Reviews? Effects Of Review Quality, Product Type, And Reviewer’s Photo. Computers in Human Behavior. 31, 356–366.

Ovi, Prima Nofri., Tri, Indra Wijaksana. (2021). Analisa Pengaruh Promosi Tanggal Istimewa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di Marketplace Shopee (Studi Di Provinsi Sumatera Barat). e-Proceeding of Management. Vol. 8, No. 6 Desember 2021 ISSN: 2355-9357.

Peter, Paul J., Jerry C. Olson. (2013). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Dialihbahasakan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Purnama, Sary Silitonga. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Indomaret Cabang Gaperta Medan. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.

Rangkuti, Freddy. (2018). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunarto, Andi. (2009). Seluk Beluk E -Commerce. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saputra, Ade Bagus., Natalia, Ratna Ningrumb., Anindita, Imam Basric. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 1 No. 1 Januari Tahun 2021.

Safira, Febrilla Ponirin. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Shopee Palu. JIMUT. Vol.8, No.1, Januari 2022, 056-062.




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i1.971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats