PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARWAYAN PADA KANTOR POS BIMA

muhammad krisna yudha

Abstract


Abstrak - Kepuasan kerja merupakan faktor yang mendorong karyawan lebih giat bekerja dan sekaligus sebagai motivasi dalam bekerja. Diantara faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kepuasan kerja diantaranya kemampuan kerja dan disiplin kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan kerja dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Jenis penelitian yaitu penelitian asosiatif dengan jenis data kuantitatif dari sumber data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan yang bekerja di kantor Pos Bima. Dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dokumentasi dan studi pustak. Tehnik analisa data yang dilakukan antara lain uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kemampuan kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Begitupun secara simultan dihasilkan bahwa kemampuan kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja.

Keywords


Kemampuan Kerja, Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF PDF

References


Afianto, I. D., & Utami, H. N. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Organisasi

Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Divisi Marketing PT. Victory International Futures Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 58–67.

Alwi, A., & Suhendra, D. I. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 3(1), 72–93.

Aprillianto, W. D., Mintarti, S., & Tricahyadinata, I. (2019). Pengaruh peran pemimpin dan

komitmen afektif terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai negeri sipil bagian umum dan kepegawaian sekretariat kabupaten kutai timur 11(1), 83–95.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Blanchard, K. dan Hersey, P. (2013), Manajemen Perilaku Organisasi. Terjemahaan Agus

Dharma, Jogjakarta : Penerbit Erlangga.

Ghozali, Immam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Kristiani, A. D., Pradhanawati, A., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Operator PT.

Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Semarang). Dipenogoro Journal Of Social

And Politic, 1–7.

Luthan, Fred. 2011.Organization Behavior ; An Evidence – Based Approach, 12th edition. :

McGraw-Hill , New York

Nasution, Syarifuddin. Parlaungan, Ade. Hanum, Fauziah. 2023. Pengaruh Kemampuan Kerja, Disiplin dan Pengalaman terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Kecamatan Bilah Hilir. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Volume 7, Nomor 2.

Putri, Ridha. Zulfadil. Maulida Yusni. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja dan Fasilitas Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Produktivitas Kerja Karyawan PT Subentra Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, vol. 31, no. 2, hal. 56-68.

Rakata, G., Subyantoro, A., & Pujiharjanto, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi Di Kedai Kopi “Barista Di Daerah Condong Catur, Yogyakarta. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 480–492.

Robbins. Stephen (2015)., Perilaku Organisasi, Jakarta : Penerbit Salemba Empat,

Sekartini, Ni Luh. (2016). Pengaruh Kemampuan Kerja, Disiplin Kerja, Motivasi kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Administrasi Universitas Warmadew. JAGADHITA:Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(2), 1–12.

Sembiring, M., & Tanjung, H. (2021). Efek Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 131–144.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. E (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Pers

Wijono, S. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi: Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i1.942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats