UPAYA PENCITRAAN APOTEK DAN KERAGAMAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN

Mukti Kemarauwana, Rafadi Khan Khayru, Fayola Issalillah

Abstract


Persaingan bisnis retail saat ini semakin ketat. Hal ini disebabkan bisnis retail merupakan gambaran mengenai perkembangan ekonomi. Untuk menghadapi persaingan tersebut manajemen pemasaran perlu mengetahui bagaimana konsumen melakukan keputusan pembelian. Manajemen pemasaran perlu mengetahui cara yang tepat agar konsumen memutuskan pembelian pada toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari citra apotek dan keragaman produk untuk meningkatkan keputusan pembelian. Populasi dari penelitian kuantitatif ini adalah konsumen dari apotek Kimia Farma yang ada di kota Surabaya di Jawa Timur. Jumlah populasi tidak dapat ditentukan, oleh karena itu peneliti menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan citra apotek memberikan pengaruh signifikan pada keputusan penelitian. Selanjutnya dibuktikan bahwa keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi keberagaman produk yang disediakan. Secara bersama-sama citra apotek dan keragaman produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords


citra apotek; keragaman produk; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Anic, I. D., Rajh, E., & Bevanda, A. 2012. Decision-making styles of young consumers in Bosnia and Herzegovina. Young Consumers: Insight and Ideas for Responsible Marketers, 13(1), 86-98.

Basil, G., Etuk, E., & Ebitu, E. T. 2013. The Marketing Mix Ele-ment as Determinants of Con-sumer’s Choice of Made-In-Nigeria Shoes in Cross River State. Marketing, 5(6). 141-147.

Benson. 2007. From Business Strategy to Itaction, Right Decisions for a Bottonline. John willey andsons, Inc, New Jersey.

Bloemer, J., & G. O. Schroder. 2002. Store satisfaction and store loyal-ty explained by customer and store related factors. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatis-faction and Complaining Behav-ior, 15, 68-80.

Boatwright, P. and Nunes, J.C. 2001. Reducing Assortment: An Attrib-ute-Based Approach. Journal of Marketing, 65, 50-63.

Broniarczyk, S.M., Hoyer, W.D. & Mcalister, L. 1998. Consumers’ Perceptions of the Assortment Of-fered in a Grocery Category: The Impact of Item Reduction. Journal of Marketing Research, 35, 166-176.

Chamberlin, E.H. 1933. Theory of Monopolistic Competition. Har-vard University Press, Cambridge.

Chernev, A. 2003. Product Assortment and Individual Decision Process-es. Journal of Personality and So-cial Psychology, 85, 151-162.

Darmawan, D. 2005. Mengapa Infor-masi Komersial tidak Ber-pengaruh lagi? DIE, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 1 (2), 161-172

Darmawan, D. 2004. Pengaruh Sumber Informasi terhadap Tingkat Pengenalan Pengecer, DIE, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 1 (1), 1-11.

Darmawan, D. 2017. Bauran Pemasa-ran Ritel, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Metro-media, Surabaya.

Darmawan, D., R. Mardikaningsih., S. Arifin., & M. Hariani. 2019. Upaya Memperkuat Citra Rama-yana Departemen Toko Melalui Promosi Penjualan Dan Periklan-an. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Ekonomi (Akuntabilitas), 12(1), 59-71.

Darmawan, D. & J. Gatheru. 2021. Understanding Impulsive Buying Behavior in Marketplace, Journal of Social Science Studies, 1(1), 11-18.

Darmawan, D., & A. R. Putra. 2022. Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Implu-sif. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(1), 26-45.

Djaelani, M. & D. Darmawan. 2021. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Parkir di Pusat Pembelanjaan Royal Plaza Sura-baya, Ekonomi, Keuangan, Inves-tasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 307-311.

Djaelani, M. & R. Mardikaningsih. 2021. Psycographic Analysis for Potential Customers of Granite Tiles, Journal of Engineering and Social Sciences, 1(1), 9-15.

Djaelani M., & D. Darmawan. 2021. Analisis Persepsi Kualitas Layanan Kapal Feri. Journal of Trends Economics and Account-ing Research, 2(1), 22-25.

Djaelani, M., & D. Darmawan. 2021. Dulux Wall Paint Purchase Deci-sion: The Role of Brand Image, Price, And Product Quality on Consumer Behavior of Paint Products. Jurnal Simki Economic, 4(2), 150-160.

Doyle, P. & I. Fenwick. 1974. How Store Images Affects Shopping Habits inGrocery Chains. Journal of Retailing, 50 (winter), 39-52.

Ernawati & D. Darmawan. 2017. Ko-relasi Lokasi dan Promosi Dengan Keputusan Pembelian Rumah Subsidi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 1-7.

Fared, A., D. Darmawan, & M. Khairi. 2021. Contribution of E-Service Quality to Repurchase Intention with Mediation of Customer Sat-isfaction: Study of Online Shop-ping Through Marketplace, Jour-nal of Marketing and Business Research, 1(2), 93-106.

Hawkins, D. I., D. L. Mothersbaugh., & T. J. Best. Comportamento Do Consumidor: Construindo A Es-tratégia De Marketing. Tradução Cláudia Mello Belhassof. 10th Ed. Elsevier, Rio de Janeiro.

Iskandar, M. & D. Darmawan. 2003. Strategi Pemasaran, IntiPresindo Pustaka, Bandung

Iyengar, S.S. and Lepper, M.R. 2000.When Choice Is Demotivat-ing: Can One Desire Too Much of a Good Thing? Journal of Per-sonality & Social Psychology, 79, 995-1006.

Jahroni., E. A. Sinambela., R. Mardi-kaningsih., & D. Darmawan. 2021. Pengaruh Citra Toko, Sua-sana Toko dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234-10241.

James, D. L., R. M. Durand., R.A. Dreves. 1976. The Use of a multi-attribute attitude model in a store image study. Journal of Retailing, 32 (2), 23-32.

Kahn, B.E. & B. Wansink. 2004. The Influence of Assortment Structure on Perceived Variety and Con-sumption Quantities. Journal of Consumer Research, 30(4), 519-533.

Khairi, M. & D. Darmawan. 2021. The Relationship Between Destination Attractiveness, Location, Tourism Facilities, And Revisit Intentions, Journal of Marketing and Busi-ness Research, 1(1), 39-50.

Khayru, R.K. & F. Issalillah. 2021. Study on Consumer Behavior and Purchase of Herbal Medicine Based on The Marketing Mix, Journal of Marketing and Busi-ness Research, 1(1), 1-14.

Khayru, R.K. 2021. Opinions about Consumer Behavior during the Covid-19 Pandemic, Journal of Social Science Studies, 1(1), 31-36.

Khayru, R. K., D. Darmawan., & M. Munir. 2021. Analysis of Product Preference of Chitato and Lays Potato Chips. Marginal: Journal of Management, Accounting, Gen-eral Finance and International Economic Issues, 1(1), 10-15.

Kotler, P. & G. Armstrong. 2014. Principle of Marketing, 15th Ed. Pearson Prentice Hall. New Jer-sey.

Laksitamas, P., P. Suntharanund., C. Horrungruang. 2018. Marketing ethics model of SMEs in Thailand's tourism industry for ASEAN community. Internation-al Journal of Research in Human-ities and Social Studies, 5(12), 24-33.

Lysonski, S., & Durvasula, S. 2013. Consumer decision making styles in retailing: evolution of mindsets and psychological impacts. Jour-nal of Consumer Marketing, 30(1), 75-87.

Mardikaningsih, R. & E. A. Sinam-bela. 2016. Peranan Komunikasi Pemasaran, Citra Merek Dan Ke-percayaan Merek Terhadap Kese-tiaan Merek, Jurnal Ilmu Mana-jemen, 2(1), 33-52.

Mardikaningsih, R. & Y. R. Al Hakim. 2017. Manajemen Bisnis Ritel, Metromedia, Surabaya.

Mardikaningsih, R. 2019. Pengaruh Persepsi Kualitas dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pem-belian Susu Formula, Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 1(1), 1-8.

Mardikaningsih, R., E. I. Azizah, N. N. Putri, M. N. Alfan, M. M. D. H. Rudiansyah. 2022. Business Sur-vival: Competence of Micro, Small and Medium Enterprises, Journal of Social Science Studies, 2(1), 1 – 4.

Martineau, P. 1958. The Personality of The Retail Store. Harvard Busi-ness Review, 36 (1), 47-55.

Pandey, D. K., & M. Pandey., & A. Vashisht. 2014. Influence of Store Image on Customer Purchase De-cision. Indian Journal of Applied Research. 4(4). 281-283.

Pujari N.M., Anupam K Sachan, Puja Kumari, Priyanka Dubey, 2016. Study of Consumer’s Pharmaceu-tical Buying BehaviorTowards Prescription and Non-Prescription Drugs. Journal of Medical and Health Research, 1(3), 10-18.

Putra, A.R. & S. Arifin. 2020. Komu-nikasi Pemasaran, Metromedia, Surabaya.

Ratner, R.K. & Kahn, B.E. 2002.The Impact of Private versus Public Consumption on Variety-Seeking Behavior. Journal of Consumer Research, 29, 246-257.

Retnowati, E. & R. Mardikaningsih. 2021. Study on Online Shopping Interest Based on Consumer Trust and Shopping Experience, Journal of Marketing and Business Re-search, 1(1), 15-24.

Retnowati, E., D. Darmawan., R. Mardikaningsih., & E. A. Sinam-bela. 2021. Pengaruh Pencapaian Kepuasan Konsumen Rumah Makan Berdasarkan Kesan Kuali-tas Produksi dan Harga. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah (JESYA), 4(2), 1382-1389.

Schiffman, L.G. & L.L. Kanuk. 2012. Consumer Behaviour. Prentice Hall. New Jersey.

Setyaningsih & D. Darmawan. 2004. Pengaruh Citra Merek terhadap Efektifitas Iklan, Jurnal Media Komunikasi Ekonomi dan Mana-jemen, 2(3), 41-49.

Sinambela, E. A., P. P. Sari., & S. Ari-fin. S. 2020. Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan ter-hadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Ekonomi (Akuntabili-tas), 13(1), 55-70.

Sinambela, E. A., & R. Mardikaning-sih. 2022. Harga dan Keberaga-man Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran. Jurnal Satyagraha, 5(1), 37-47.

Sinambela, E. A., & Widyawati, N. 2021. Studi Tentang Citra Toko, Gaya Hidup, dan Keputusan Pem-belian di Toko Busana Muslim. Jurnal Lima Daun Ilmu, 1(2), 39–51.

Sinambela, E. A. & M. Djaelani. 2022. Cost Behavior Analysis and Cate-gorization, Journal of Social Sci-ence Studies, 2(1), 13-16.

Ujianto & D. Darmawan. 2003. Ra-sionalitas Mahasiswa dalam Memilih Partai Politik: Studi ter-hadap Faktor yang Dipertim-bangkan Mahasiswa Kota Suraba-ya dalam Memilih Partai Politik, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Hu-maniora, 7(1), 43-54.

Wu, P.C.S., G. Y.-Y. Yeh., & C. R. Hsiao. 2011. The Effect of Store Image and Service Quality on Brand Image and Purchase Inten-tion for Private Label Brands. Australasian Marketing Journal, 19(1), 30-39.




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v5i2.479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats