PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA PT JNE CABANG PANE KOTA BIMA

Authors

  • Muhammad Adhar Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima Author
  • Sri Ernawati Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima Author
  • Ovriyadin Author

Keywords:

Citra Perusahaan , Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra perusahaan dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan Pengguna PT Jne Cabang Pane Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan bentuk pernyataan tertulis melalui kuesioner sebanyak 50 responden sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitias, uji multikolenearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis regresi berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji F) melalui aplikasi perangkat lunak Statistical Product and Service Solution Ver.25 (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra perusaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan serta Citra Perusaaan  dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

 

Kata kunci: Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan , JNE, Kota Bima

 

Abstract - This study aims to determine the effect of Corporate Image and Service Quality on Customer Satisfaction of PT Jne Pane Branch Users, Bima City. The research method used in this study is a survey method in the form of written statements through a questionnaire of 50 respondents as a sample in this study. Data analysis using validity tests, reliability tests, classical assumption tests (normality tests, multicollinearity tests, heteroscedasticity tests and autocorrelation tests), multiple regression analysis, correlation coefficients, determination coefficients and hypothesis tests (t-tests and F-tests) through the Statistical Product and Service Solution Ver.25 (SPSS) software application. The results showed that Corporate Image had a significant effect on Customer Satisfaction, Service Quality had a significant effect on Customer Satisfaction and Corporate Image and Service Quality had a significant effect on Customer Satisfaction.

 

Keywords : Corporate Image, Service Quality, Customer Satisfaction, JNE, Bima City

 

 

Author Biography

  • Muhammad Adhar, Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima

    -

Downloads

Published

01-08-2025