Effek Komunikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan(Studi Kasus Pada SMK Pariwisata di Kabupaten Tabanan)

Authors

  • I Dewa Nyoman Usadha Universitas Mahendratta Bali Prodi Manajemen Author
  • NLK. Ayu Sudha Sucandrawati Universitas Mahendratta Bali Prodi Manajemen Author
  • Jaenab Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Author

Keywords:

komunikasi, Motivasi, Peningkatan kinerja

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan studi kasus pada SMK Pariwisata di Kabupaten Tabanan dengan menguji variable komunikasi, motivasi terhadap kinerja pada Lembaga tersebut. Metode penelitian ini menggunakan analisis linear berganda dengan populasi sample 70 orang staff baik guru maupun manajemen.

Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh persamaan : Y = 10,018 + 0,332X1 + 0,658X2 + 0,666. Kostanta sebesar 10,018, Koefisien regresi dari X1 sebesar 0,332 dan Koefisien regresi dari X2 sebesar 0,658.

Komunikasi secara parsial t hitung sebesar 3,286 > nilai t tabel 1,995 dan motivasi secara parsial yang t hitung sebesar 5,291 > nilai t tabel 1,995 Yang artinya komunikasi dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komunikasi dan motivasi secara simultan nilai Fhitung sebesar 16,881 > nilai Ftabel3,133 artinya komunikasi dan motivasi secara simultan berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Variabel yang paling dominan atau berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah motivasi. Artinya faktor motivasi lebih besar pengaruhnya dalam meningkatkan kinerja karyawan dibanding dengan faktor komunikasi.  Data hasil dari SPSS, koefisien determinasi nilai R2 (R square) sebesar 0,334 yait 33,4 % sedangkan sisanya sebesar 66,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Kata Kunci : Komunikasi, Motivasi, peningkatan Kinerja.

Abstract

This study is a case study at a tourism vocational school in Tabanan Regency by testing the variables of communication, motivation towards performance at the institution. This research method uses multiple linear analysis with a sample population of 70 staff, both teachers and management.

Based on the results of the multiple linear regression test, the equation is obtained: Y = 10.018 + 0.332X1 + 0.658X2 + 0.666. The constant is 10.018, the regression coefficient of X1 is 0.332 and the regression coefficient of X2 is 0.658.

Partial communication t count is 3.286> t table value of 1.995 and partial motivation t count is 5.291> t table value of 1.995. Which means that communication and motivation have a positive and significant effect on employee performance. Communication and motivation simultaneously F count value of 16.881> F table value of 3.133 means that communication and motivation simultaneously have a positive and significant effect on employee performance.

The most dominant or influential variable on employee performance is motivation. This means that the motivation factor has a greater influence in improving employee performance compared to the communication factor. Data results from SPSS, the coefficient of determination of the R2 value (R square) is 0.334, which is 33.4%. while the remaining 66.6% is influenced by other variables not included in this research model.

Keywords: Communication, Motivation, Performance improvement.

 

Author Biographies

  • NLK. Ayu Sudha Sucandrawati , Universitas Mahendratta Bali Prodi Manajemen

    Universitas Mahendratta Bali Prodi Manajemen

  • Jaenab, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)

    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 

Downloads

Published

02-08-2025