PERAN KECUKUPAN MODAL (CAR) MEMEDIASI PENGARUH RESIKO KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS

I Dewa Nyoman Usadha, Ni Made Yudhaningsih, I Ketut Merta, Komang Agus Rudi Indra Laksmana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa Pengaruh Resiko Kredit terhadap profitabilitas.  Hubungan Pengaruh Resiko Kredit terhadap Profitabilitas (ROA)  dalam sejumlah penelitian yang telah dikembangkan diketemukan Pengaruh Resiko Kredit terhadap Profitabilitas dengan hasil negatif dan ada  juga berpengaruh positif signifikan .  Celah penelitian tersebut pada penelitian sekarang perlu dimediasi viable baru, agar Resiko Kredit tidak mempengaruhi menurunnya tingkat profitabilitas . Adapun variabel mediasi tersebut adalah kecukupan Modal ( CAR)

Hasil dari analisis Pengaruh Risiko Kredit Terhadap Profitabilitas Dengan Kecukupan Modal Sebagai Variabel Mediasi menunjukkan bahwa CAR mampu memediasi pengaruh langsung NPL terhadap ROA. Dimana pengaruh langsung NPL terhadap ROA semula bernilai-0,562,namun setelah adanya CAR sebagai variabel mediasi, pengaruh hubungan tersebut meningkat  menjadi 0.163.Semakin banyaknya kredit macet pada suatu lembaga keuangan  maka hal tersebut akan menyebabkan kerugian. Untuk menutupi kerugian tersebut lembaga keuangan mengembalikannya  dari  permodalan  yang dimilikinya sehingga akan menurunkan nilai CAR dari Koperasi

Keywords


Kecukupan Modal (CAR), Resiko Kredit dan Profitiabilitas (ROA)

Full Text:

PDF

References


Azizah Diana Izma dan Taswan. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kecukupan Modal Pada Bank Umum.

Ghozali, Imam dan Ratmono Dwi. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika: Teori, Konsep, dn Aplikasi dengan Eviews 10, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyanto, Heru dan Anna Wulandari. (2017). Penelitian Metode dan Analisis. Semarang: CV Agung.

Natasia Rizky. (2015). Pengaruh Risiko Kredit, Profitabilitas, Loan to Deposit Ratio, Dan Efisiensi Usaha

Terhadap Kecukupan Modal Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. EJurnal Ekonomi dan Bisnis.Vol.3 No.3.

Novianty D Bella. (2016). Pengaruh Risiko Kredit, Perputaran Kas, dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftarr di BEI periode 2012- 2014. Lampung: Program Sarjana Universitas Lampung. Peraturan OJK No.18/POJK.03/2016

Permatasari, M. (2015). Penggunaan Metode Risk-based Bank Rating Untuk Menganalisis Tingkat Kesehatan Bank (Studi Pada Bank Yang Terdaftar Dalam Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 22, No.1.

Sisay, D. (2017). The Effect of Financial Risk on Perfomance of Insurance Companies in Ethiopia. School of Graduates Studies, Accounting & Finance. Ethiopia: Addis Ababa University.

Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta:

Erlangga Sudarmawanti, Erna dan Joko Pramono (2017). Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM, dan LDR Terhadap ROA(Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat di Salatiga Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2011-2015).STIE AMA Salatiga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v4i2.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats