EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 03 KOTA SEMARANG
Abstract
Flashcard merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengajar. Flashcard banyak digunakan oleh guru di sekolah untuk mengajar siswa bahasa Inggris. Bertujuan untuk melihat keefektivitas dari penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris di SD Negeri Kalibanteng Kidul 03, Kota Semarang. Dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain non-random pre-test dan post-test kontrol group desain. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas 3B yang dibagi menjadi 2 kelompok, dipilih menggunakan teknik kuota sampling. Metode pengumpulan data melalui jawaban siswa pada soal. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-tes, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa p = 0.633 (p>0.05), artinya hasil hipotesis dalam penelitian ini ditolak karena tidak ada pengaruh penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris. Dari hasil Paired Sample t-tes untuk kelompok kontrol menunjukkan t = 4.90 dengan p < 0.01, menandakan bahwa metode pembelajaran flashcard berhasil meningkatkan penguasaan kosakata siswa secara signifikan. Namun, kelompok eksperimen meskipun menunjukkan peningkatan, tidak mencapai tingkat signifikansi yang sama dengan t = 3.53 dan p < 0.05, yang berarti peningkatan tersebut tidak cukup kuat untuk dianggap efektif secara statistik. Yakni menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan, mungkin karena ada beberapa faktor luar yang berdampak kepada proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Ramli. (2016). PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 4.
Amalia Rachmah. (2023). Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2.
Azhima Idzni, Meilanie R. Sri Martini, & Purwanto Agung. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.
Budi Febriyanto, Ari Yanto, “Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.3, No.2, (2019), hal 110.
Damayanti, E. Dkk. (2016). Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Sainsmat, 5(2), 175–182.
Eka Fitriyani, “Efektivitas Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris”, Jurnal Ilmiah Psikolog, Vol.4, No.2, (2017), hal 169.
Hasan Muhammad, Milawati, Darodjat, Harahap Tuti Khairani, Tahrim Tasdin, Anwari Ahmad Mufit, Rahmat Azwar, Masdiana, & Indra Made. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN (Sukmawati Fatma, Ed.). TAHTA MEDIA GROUP.
Ikhsan Muhammad Nur, Zebua Yeny Mardianti, & Tarigan Fatin Nadifa. (2023). Analisis Kesulitan Dan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa SMP Negeri 2 Gebang. JURNAL DUNIA PENDIDIKAN, 3.
Marlianingsih Noni. (2016). PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (ANIMASI) PADA PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3.
Nursyamsiah Erna. (2021). Penerapan Media Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8.
Rahman Nafsiah Hafidzoh, Mayasari Annisa, Arifudin Opan, & Ningsih Indah Wahyu. (2021). PENGARUH MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI MUFRODAT BAHASA ARAB. Jurnal Tahsinia , 2.
Umroh Ida Latifatul. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (STUDY EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS 1 SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN). Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6.
ZAHRO SITI NUR. (2019). PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DI MI MA’HADUL MUTA’ALLIMIN SEKARALAS WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2018/2019. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.
DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :
Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats