PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI PIA KUKUS MADE BALI
Abstract
Abstrak – Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Pia Kukus Made Bali; (2) Untuk mengetahui pengaruh kinerja pemasaran terhadap keunguulan bersaing pada UMKM Pia Kukus Made Bali; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kinerja pemasaran secara simultan terhadap keunguulan bersaing pada UMKM Pia Kukus Made Bali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini, yakni konsumen Pia Kukus Made Bali dan Objek penelitian ini meliputi inovasi produk, kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen Pia Kukus Made Bali. Sumber datanya berupa data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uj F, dan uji koefisien determinasi menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM; (2) Kinerja pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM; (3) Inovasi produk dan kinerja pemasaran secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, dan Keunggulan Bersaing
Keywords
References
DAFTAR PUSTAKA
Ani, L. N. (2020). Pengaruh inovasi produk, kreativitas produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing: Studi kasus pada kerajinan tikar eceng gondok liar. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(02), 184-194.
Anugrah Lutfi, & Firmansyah. (2021). Peningkatan kinerja pemasaran UMKM berdasarkan orientasi kewirausahaan, pengetahuan pemasaran, dan keadaan lingkungan. Jurnal Bisnis Manajemen dan Informatika, 18(2), 90.
Akbar, B. F. S., & Wahyuni, S. (2023). Pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar serta harga terhadap keunggulan bersaing. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 8(3).
Ali, N., Suyanto, M. A., & Gani, R. (2023). Pengaruh inovasi produk dan kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing. JEMAI: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2(2), 66-73.
Aprilia, D. A. S. A. (2023). Pengaruh digital marketing, celebrity endorsement, dan brand image terhadap minat beli konsumen di The Keranjang Bali. (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Asnawati, & Herning Indriastuti. (2022). Analisis inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 1502.
Bagaskara, T. Y. (2020). Pengaruh inovasi produk, desain produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada produk Woodenway. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing: Suatu studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya. Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 56-65.
Deya Mentari Octavia Anugerah, dkk. (2022). Kekuatan kinerja pemasaran dan media sosial dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 1502.
Elondri, dkk. (2022). Kinerja pemasaran industri kecil menengah. Banyumas: Pena Persada.
Haloho, E., Purba, M. L., & Idahwati, I. (2020). Pengaruh inovasi produk dan pemasaran media sosial terhadap keunggulan bersaing pada Lim’s Cafe Kisaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(1), 1-14.
Nikous Soter Sihombing. (2022). Lingkungan bisnis eksternal dan keunggulan daya saing dalam kinerja pemasaran. Purwokerto: Pena Persada Redaksi.
Pramesti, N. K. Y., & Pradhana, I. P. D. (2023). Pengembangan UMKM melalui pelatihan e-commerce di Kabupaten Badung. Abdimas Galuh, 5(1), 22-28.
Rosyida, R. H. (2022). Pengaruh inovasi produk, desain produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada PT Paragon Technology And Innovation di Yogyakarta.
Suryana. (2014). Kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Sukmadi. (2016). Inovasi dan kewirausahaan (Edisi paradigma baru kewirausahaan). Bandung: Humaniora Utama Press.
DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :
Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats