PENGARUH CONTENT MARKETING DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MARKETPLACE TIKTOK SHOP (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA BIMA)

A.Rahman Azhari, Ismunandar Ismunandar

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Content Marketing dan Customer Review terhadap Keputusan Pembelian konsumen di Marketplace TikTok Shop (Studi kasus pada Masyarakat Kota Bima). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan bentuk pernyataan tertulis melalui kuesioner sebanyak 96 responden sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitias, uji multikolenearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis regresi berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji F) melalui aplikasi perangkat lunak Statistical Product and Service Solution Ver.24 (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content Marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Customer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian serta Content Marketing dan Customer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

 

Kata kunci: Content Marketing, Customer Review, Keputusan Pembelian. 


Keywords


Content Marketing, Customer Review, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Akfinniha, R., & Sari, D. K. (2022). Pengaruh Duta Merek, Pemasaran Viral, dan Ulasan Pelanggan Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online di Kabupaten Sidoarjo. Indonesian Journal of Innovation Studies, 17, 1–12.

Andriana, A. N., Hijrah, L., Putri, D. A., Putri, W. U., Fauziah, S., & Darus, C. O. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1477.

Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, tri indra. (2021). Pengaruh Review Produk Dan Konten Marketing Pada Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Anglista. Journal Proceeding Of Management, 8(5), 6488–6498.

Fadzri Kusuma, A., & Wijaya, T. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli: Peran Mediasi Citra Merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 30–42.

ndrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, & Amstrong. (2016). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Wilayah Jakarta Pusat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jurnal Bisnis Dan Manajemen.

M, N. S., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Content Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1205–1226.

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace Di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 2309–9271.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2019). Manajemen Pemasaran (Tiga Belas). Erlangga.

Megayani, & Marlina, E. (2019). The Influence Of Celebrity Endorsment On Purchase Intention Through Brand Image (Case Study On Geprek Bensu in Rawamangun Periode 2018). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 175–193.




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats