EFFECT BRAND IMAGE DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION UMKM KAIN ENDEK GIANYAR BALI

Authors

  • Ni Ketut Murdani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahendradatta Author
  • I Ketut Merta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahendradatta Author

Keywords:

Kata kunci: Brand image, Social media marketing, purchase intention

Abstract

Penelitian ini berjudul effect brand image dan social media marketingterhadap purchase intention umkm kain endek Gianyar Bali. Kecenderungan
untuk memustuskan membeli produk fashion menjadikan produk kain endek
sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan fashion, baik itu fashion untuk adat
maupun formalitas. Seiring dengan perkembangan globalisasi sekarang ini faktor
perkembangan UMKM di Indonesia tak lepas dari adanya perkembangan
teknologi salah satunya pemasaran produk melalui social media. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh brand image dan social media
marketing terhadap purchase intention umkm kain endek Gianyar Bali. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan 100 sampel dari umkm kain endek Gianyar
Bali. Pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan
program SPSS sebagai alat analisis. Hasil F test bahwa brand image dan social
media marketing berpengaruh secara bersamaan terhadap purchase intention
UMKM kain Endek Gianyar Bali dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 serta F
hitung > F tabel (90,913 > 3,09). Koefisien korelasi berganda menyatakan bahwa
brand image dan social media marketing terhadap purchase intention memiliki
korelasi yang kuat. Koefisen determinasi diperoleh sebesar sebesar 64,5%
variabel purchase intention dipengaruhi oleh variabel brand image dan social
media marketing, sedangkan sisanya sebesar 35,5% dijelaskan oleh faktor lain
yang tidak dimasukkan ke dalam model. Brand image dan social media marketingberpengaruh secara bersamaan terhadap purchase intention UMKM kain Endek
Gianyar Bali. Hal ini berarti semakin baik brand image dan social media
marketing secara bersamaan maka purchase intention UMKM kain endek Gianyar
Bali akan semkin meningkat. Sedangkan jika brand image dan social media
marketing secara bersamaan semakin buruk maka purchase intention UMKM kain
endek Gianyar Bali akan semakin menurun.

Downloads

Published

20-10-2025