PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAYSHOPPING STORE CABANG TENTE
Abstract
Abstrak –Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Influenser Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mayshopping Store Cabang Tente. Jenis penelitian ini adalah Asosiatif untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara dua variable atau lebih, populasi yang dipake dalam penelitian ini di tente dengan jumlahnya tidak diketahui (unknow population) dimana sampel yang digunakan yaitu sebesar 96 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, kuesioner, studi pustaka dengan menggunakan teknik analisa data uji validitas, realiabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, determinasi dan korelasi uji t dan uji f. Hasil penellitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu 1.) pengaruh influncer marketing (X1) berpengaruh secara signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 2.380 > t-tabel sebesar 1.984 dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 2.) pengaruh word of mouth (X2) berpengaruh secara signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 3.915 > t-tabel sebesar 1.984 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 3.) influencer marketing dan word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mayshopping cabang tente dengan f-hitung sebesar 20.100 > f-tabel sebesar 3,94 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa “ Influencer Marketing Dan Word Of Mouth berpengaruh secara simultan
Kata kunci: Influencer Marketing, Word Of Mouth
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh influencer social media terhadap keputusan pembelian konsumen generasi z di kota surabaya. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51-59.
Astuti, Dewi & Ernawati, Sri. (2020). Strategi Promosi dan Word of Mouth Dalam Upaya Peningkatan Keputusan Pembelian Produk Tenun. Jurnal Distribusi, Vol.8 (2)
Erdiansyah, J. & R. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. 307–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10199
Kotler, Philip, and Gary Amstrong (2010). "Pemasaran." Jakarta: Erlangga
Sagita, R. V. (2022). Pengaruh Influencer Marketing dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow pada Mahasiswa di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Samosir, D. R. M. F. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Ilegal yang di Iklankan Melalui Media Sosial dengan Melibatkan Endorsement Influencer (Analisis Putusan Nomor 1555/Pid. Sus/2019/PN. Sby di Pengadilan Negeri Surabaya) (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Indones.
Susmonowati, T., & Khotimah, H. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 197-211.
Sinaga, Kariaman, et al. "Pelatihan Meminimalisir Efek Hoaks Media Sosial di Desa Namo Sialang Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara." E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 10.2 (2019): 150-159.
Riyantoro, Bagus, and Ati Harmoni (2013). "Efektivitas iklan melalui jejaring sosial sebagai salah satu strategi pemasaran keripik pedas maicih." Prosiding PESAT 5.
Sinambow, Sandy, and Irvan Trang. (2025). "Pengaruh harga, lokasi, promosi dan kualitas
layanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3.3.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Afabeta Wicaksono, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Word Of Mouth
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Angkringan Akropi Rawasari)
(Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia Jakarta).
DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :
Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats