PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO LARISHI KOTA BIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keragaman Produk, dan Harga terhadap keputusan pembelian pada Tokoh Larishi di Kota Bima. Tokoh larishi yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta, Monggonao, Kec. Mpunda, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat. 84117. Penelitian ini berjenis asosiatif dengan menggunakan sumber data primer. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner berskala likert dengan populasi penelitian mencakup seluruh konsumen dari Toko Larishi. Yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti, untuk menentukan jumlah sampel dalam populasi yang tidak diketahui maka digunakan rumus Uknown Population dan diperoleh sampel sebanyak 96 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Peneliti menggunakan alat analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukan Terdapat pengaruh secara signifikan antara Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Larishi Kota Bima di Terima, Terdapat pengaruh secara signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Larishi Kota Bima di Terima. Terdapat pengaruh secara simultan Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Larishi Kota Bima di Terima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Amalia, S.2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuan• gan. 6 (1): 660-669
Ardina,2018 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Paradigma, 12(02), 114–122.
Bukhari. (2017). Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Jaringan Sosial: Suatu Analisis Sosiologi. Sosiologi USK, 11(1).
Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
Gitosudarmo, Indruyo. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Keenam. Penerbit: BPFE,Yogyakarta.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IbmSpss 25. Badanpenerbit Universitas Diponegoro.
Kaawoan, N. Y., Tawas, H. N., & Kawet, R. C. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Presepsi Harga, Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Minimal Ladies Di Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 510.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P 2019. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). 6(3).
Kurnia Eka Putra, (2019). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sembako Dan Kebutuhan Rumah Tangga Archi Di Kota Semarang, Universitas Semarang.
Lubis, N. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Keragaman Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di PAsar Inpres 1 Kisaran. In Carbohydrate Polymers (Vol. 6, Issue1).
Maxsrita Tassya Sar, (2023). Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Sepeda Purgiono Kota Nganjuk. Universitas Islam Kadiri
Prasetyo, (2015) Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kurir JNE, Agen Jasafa Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat Jurnal Transparansi E-ISSN 2622-0253 166 Vol. 1, No. 2, Desember 2018, pp. 166-178 Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Rahayu, Y. S., & Fitanto, B. (2017). STRATEGI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL MENGHADAPI PERSAINGAN dengan RETAIL MODERN dan PREFERENSI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Legi Kota Blitar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).
Seivina, (2019) Pengaruh Keragaman Produk, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen pada Pembelian Hijab di Toko “Mahkota” Gading Mangu Jombang. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Kediri, Skripsi 2017.
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (14th ed.). ALFABETA, cv.
Suriyani, (2021). Terdapat Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Pada Icha Gallery Di Samarinda. Universitas Mulawarman Samarinda.
Tjiptono. (2017). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.
Tulhusnah, L., & Hariyadi, T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Rani Louhan Di Payangan Bali. Jpm: Jurnal Purnama Media, 1(1), 13-23.
Umar Husien (2016). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Podo Jodo. Performa, 5(2), 89–94.
Utami (2017). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Murah Di Hadrah Property. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 12.
Wakidah, Armin. 2015. Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Yolandia, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Pada TB ISNA Tulungagung. Jurnal Riset Ekonomi, 1(69), 5–24.
DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :
Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats