PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELAS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA CAFÉ SUNSHINE KOTA BIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Café Sunshine Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah Asosiatif untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara dua variable atau lebih, populasi yang dipake dalam penelitian ini dikota bima dengan jumlahnya tidak diketahui (unknow population) dimana sampel yang digunakan yaitu sebesar 55 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, kuesioner, studi pustaka dengan menggunakan teknik analisa data uji validitas, realiabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, determinasi dan korelasi uji t dan uji f. Hasil penellitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu 1.) pengaruh gaya hidup (X1) berpengaruh secara signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 3.579 > t-tabel sebesar 2.007 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 2.) pengaruh kelas sosial (X2) berpengaruh secara signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 3.439 > t-tabel sebesar 2.007 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 3.) gaya hidup dan kelas sosial berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berkunjung pada café sunshine kota bima dengan f-hitung sebesar 23.273 > f-tabel sebesar 3,18 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa “ Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Persepsi berpengaruh secara simultan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(Triadi, Rahayu, and Kusnanto 2021)Faulina, Tia, and Febsri Susanti. 2023. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Smartphone Merek Samsung Di Bhintang Ponsel Padang.” JurnalValuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 3(1):560–77.
Triadi, Salsabila, Yustiani Rahayu, and Danang Kusnanto. 2021. “Pengaruh aya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Handphone.” Jurnal Manajemen 13(2):257–63.
(Faulina and Susanti 2023)Faulina, Tia, and Febsri Susanti. 2023. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Smartphone Merek Samsung Di Bhintang Ponsel Padang.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 3(1):560–77.
Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Aswaja Pressindo.
Agustina, E. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelas Sosial Terhadap
Keputusan Berkunjung Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Phy Shop, Di Desa Bae Bendo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta. 2009. Ferawati (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung sepeda motor yamaha PADA MASYARAKAT DESA TARASU
KEC. KAJUARA KAB. BONE
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro.
Indrawati dkk , 2017, Perilaku Konsumen Individu, Refika Aditama.
Khair, H. (2016). Dampak Atribut Toko terhadap Keputusan Berkunjung pada Indomaret Dept Store di Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 78–95
Kotler, P. & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid 1 Kurniawan, A. , & S. S. S. (2016). Penerapan Personal Hygiene Pada Karyawan Food And Beverage Service Hotel Aryaduta Pekanbaru.
Doctoral Dissertation, Riau University.
Laksono dan Iskandar (2018). Pengaruh gaya hidup, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan berkunjung pada toko online shopee. Diss. Prodi Manajemen, 2020.
Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan berkunjung Helm Kbc. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 145-154.
Mohiuddin, Z.A. 2019. Effect of Lifestyle on Consumer Decision Making: A Study of Women Consumer of Pakistan. Journal of Accounting, Business and Finance Research, 2 (1), pp. 2-15.
Pratiwi, M. I., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh gaya hidup, harga dan influencer terhadap keputusan berkunjung di rumah makan se’i sapiku Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1417-1427.
Puranda,N. R., & Madiawati, P. N. (2017). Pengaruh perilaku konsumen dan gaya hidup terhadap proses keputusan berkunjung produk kosmetik Wardah. Bisnis Dan Iptek, 10(1), 25–36.
Setiadi, N. J., & SE, M. (2015). Perilaku Konsumen: edisi revisi. Kencana. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sujana, 2020. Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Coffee Shop Starbucks Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol. 1 No. 1
Sumarga, H. E., & Lestari, S. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Konsumen Smartphone Advan Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dynamic Management Journal, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i2.1131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :
Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats