Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Retensi Karyawan (Driver) pada PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) Kantor Cabang Denpasar
Abstract
GO-JEK merupakan sarana transportasi yang melayani layanan ojek dengan menggunakan sebuah aplikasi online dan dapat melayani siapa saja yang memerlukan jasanya. Disamping itu, PT GO-JEK juga dapat memberikan beberapa layanan jasa, seperti: go-ride (antar-jemput), go-food (pesan makanan), go-mart (belanja barang), go-glam (jasa kecantikan), go-clean (home service), go-box (cargo), go-send (kurir barang), go-massage (pijat). GO-JEK juga merupakan transportasi yang fleksibel karena GO-JEK menggunakan sepeda motor yang lebih mudah dan cepat serta lebih efisien untuk melewati dan menghindari kemacetan. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Retensi Karyawan (Driver) Pada Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) Kantor Cabang Denpasar.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustakaan, studi lapangan dan kuisioner. Populasi menggunakan karyawan pada Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) yaitu Driver Gojek, sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Reabilitas, Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa : (1) Kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap Retensi Karyawan, dimana diperoleh nilai t 3,267 dan sig 0,002. (2) Kepuasan Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Retensi Karyawan, dimana diperoleh nilai t 2,556 dan sig 0,013. (3) Pengembangan Karir berpengaruh positif signifikan terhadap Retensi Karyawan, dimana diperoleh nilai t 3,743 dan sig 0,000. (4) secara simultan Kompensasi, Kepuasan Kerja dan Pengembangan Karir berpengaruh signifikan terhadap Retensi Karyawan (Driver), dimana diperoleh nilai F 30,030 dan signifikansi 0,000. Saran yang dalam penelitian ini adalah Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) Kantor Cabang Denpasar diharapkan meningkatkan kompensasi,memberikan kepuasan kerja serta memberikan jenjang karir bagi driver gojek dalam menurunkan retensi driver pada aplikasi gojek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Salim. 2000. Manajemen Transportasi. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Abil, M., & Rahmini, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Driver Grab-Bike. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 4(1), 171-179.
Adelina, A. (2018). Analisis Determinan Pendapatan Mitra GO-JEK di Kota Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Lampung: Lampung.
A, Shimp, Terence. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Terpadu, Jilid I (Edisi 5). Jakarta : Erlangga.
Anis, A., Ijaz-Ur-Rehman, Nasir, A., & Safwan, N. 2011. Employee Retention Relationship to Training and Development : A Compensation Perspective. African Journal of Business Management, 5(7), 2679–2685. http://doi.org/10.5897/AJBM10.1036
Anyango, A. E. 2014. Managers Perception of Influence of Rewards on Employee Retention at South Nyanza Sugar Company Limited. Diakses pada 29 September 2017.
Armstrong, Michael. 2012. Armstrong’s handbook of Human Resorce Management Practice 12th edition. United Kingdom: Kogan Page Limited.
Arshadi, N., & Damiri, H. 2013. The Relationship of Job Stress with Turnover Intention and Job Performance : Moderating Role of OBSE. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 706–710. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.631
Badan Pusat Statistik. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (2024).
Cokorda Bisma Putra, dkk. (2023). Analisis Pendapatan Driver Gojek Pada Saat Pandemi Covid 19 Di Kota Denpasar. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang Vol. 5 No. 1 Juli
Dinas Perhubungan. (2019). Data Panjang, Kondisi Jalan Dan Perkembangan Kendaraan Bermotor Tahun 2014-2018
Farber, H. 2005. Is Tomorrow Another Day? The Labor Supply of New York City Cab Drivers. Journal of Political Economy Vol. 113, No. 1
Handoko, T. Hani, 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Jura D.C., Palar S.W., Sumual J.I. 2016. Pengaruh Kenaikan Harga BBM dan Jumlah Penumpang Terhadap Pendapatan Sopir Angkot di Kota Manado Tahun 2015. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol. 16, No. 1
Kassa, T. 2015. Employee Motivation and its Effect on Employee Retention in Ambo Mineral Water Factory. International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies, 3(3), 10–21.
Kim, S. 2016. Factors affecting employment retention among older workers in South Korea. Working With Older People, 20(1), 14–22. http://doi.org/10.1108/WWOP-07- 2015-0014
Munawar, A. (2007). Pengembangan Transportasi yang Berkelanjutan.
Keller. (2003). How To Manage Brand Equty. Jakarta: Gremedia Pustaka.
Putu Citrayani Giri, dkk. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Driver Go-Jek Di Kota Denpasar, Bali .E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.6, No.6 Juni
Safaat Aufahasan dkk. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Retensi Karyawan. Diponegoro JOURNAL OF MANAGEMENT Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, Halaman 1-7
Sugiyono, (2001). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D (Bandung:Alfabeta).
Suhardoyo. (2020). Strategi Hrm Dalam Menciptakan Komitmen Dan Retensi Menuju Going Concern Perusahaan.Jurnal Cakrawala Vol 20 No.2. September
DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i2.1077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :
Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats