PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING, LOKASI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA BADAN USAHA MILIK DESA CANGGU

Ketut Murdani, Ni Putu Andini Desiyanti Laksmi, Ni Luh Ketut Ayu Sudha Sucandrawati

Abstract


Abstract

Minat beli konsumen merupakan perilaku konsumen mempunyai keinginan dalam memilih, menggunakan, suatu produk yang di tawarkan yang dipengaruhi oleh faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, lokasi dan harga terhadap minat beli. Penelitian dilakukan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Canggu dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada tahun 2021 sebanyak 1.071 orang. Jumlah sampel ditentukan dengan teknik sampling accidental. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 91 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 25 For Windows. Berdasarkan hasil analisis menjelaskan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Canggu, artinya semakin meningkatnya social media marketing maka minat beli pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Canggu akan semakin meningkat. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Canggu, artinya semakin baik lokasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Canggu maka minat beli akan semakin meningkat. Harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli  pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Canggu, artinya semakin baik kebijakan harga, maka tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Canggu

Keywords


Social Media Marketing, Lokasi, Harga, Minat Beli

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

_______Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2021. Tentang Badan Usaha Milik Desa

______91 Desa di Bali Belum Punya BUMDes, Dinas PMD Target Rampung 2023. https://bali.tribunnews.com/2019/09/25/91-desa-di-bali-belum-punya-bumdes-dinas-pmd-target-rampung-2023. Di akses : 27 Juli 2022

Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung, Alfabeta

Almanda, M. I., & Syahputra, S. (2015). Pengaruh Brand Personality Sepatu Nike terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom). eProceedings of Management, 2(1). 657-664

Aprianti, A., Erlina. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Alat Tulis Putra Kembar. In MDP Student Conference. Vol. 1, No. 1. 254-260.

Atmaja, Surya, (2020). Pengaruh Media Sosial Marketing, Lokasi, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Mandiri Pulsa. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Darni, (2019). Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Giant Ekspres Cabang Alauddin Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Felix, R., Rauschnabel, P. A., & Hinsch, C. (2017). Elements of strategic social media marketing: A holistic framework. Journal of Business Research, 70, 118–126.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunelius, Susan. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. United States : Mcgraw Hill.

Harahap, M. A. Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Minat Beli Masyarakat di Muhsin Distro Kota Lubuk Pakam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hidayah, N., & Rachmi, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Ayam Goreng Nelongso Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 149-152




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i2.1073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats