STRATEGI PENGEMBANGAN DISTRIBUSI PEMASARAN SAYURAN DI PASAR GALIRAN KABUPATEN KLUNGKUNG

Ida Ayu Candrika Dewi

Abstract


Bali sebagai salah satu pulau yang tedapat di Indonesia yang sedang berkembang dan dalam proses perkembangan pembangunan ekonomi. Didalam mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dalam pelaksanaannya memperhatikan prinsip sehat dan memperhatikan ekonomi. Meningkatnya konsumsi hortikutura disebabkan karena struktur konsumsi bahan pangan cenderung bergeser pada bahan non pangan. Masyarakat pada zaman sekarang kecenderungan untuk menghindari pangan dengan penyebab kolesterol tinggi dari hasil produk pangan ternak. Di dalam pemenuhan kebutuhan akan sayur mayur masyarakat biasanya melakukan transaksi langsung ke pasar tradisional atau ke pasar modern. Salah satu pasar tradisional di Kabupaten Klungkung  yang dijadikan sebagai pendistribusian sayuran dan komoditas lainnya adalah Pasar Galiran. Berbagai macam produk holtikultura dibongkar muat pada pasar ini. Penelitian dilakukan di Pasar Galiran dimana pasar ini merupakan  distributor produk holtikultura yang berada di Kabupaten Klungkung. Jumlah sampel yang ditemukan pada saat penelitian di pasar galiran adalah 42 sampel pedagang sayuran. Dari hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan strategi pengembangan distribusi pemasaran sayuran di pasar galiran Kabupaten Klungkung ,(a) Target penjualan sudah sesuai dengan produk yang dijual dan sudah memiliki pelanggan tetap yang membeli disetiap harinya, (b) Kualitas sayuran yang dijual juga segar dan baru setiap harinya, (c) Pemasaran produk yang dilakukan juga sudah sesuai dengan fokus produk yang dijual, harga pasaran produk juga bersaing dan terjangkau,  tempat berjualan yang strategis dan mudah di cari (d) Keuntungan usaha yang diperoleh sudah sesuai  karena di beberapa pedagang yang berjualan dipasar galiran setiap harinya sudah memiliki pemesan tetap dalam jumlah yang banyak seperti di hotel dan restoran, (e) Daya saing produk dengan produsen yang lain dengan produk yang sama juga tidak terlalu mempengaruhi penjualan yang terjadi.Dari simpulan diatas dapat diambil saran sebagai berikut target penjualan dipertahankan dengan mempertahankan pelanggan tetap. Kualitas dari sayuran yang diperjualbelikan tetap dijaga agar menjadi nilai lebih dalam produk yang dipasarkan selain itu pemasaran produk harus terus dilakukan secara rutin agar konsumen lebih banyak lagi.

 


Keywords


Distribusi, Pemasaran, Pasar

Full Text:

PDF

References


-




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v7i2.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats