ANALISIS PERAN MANAGEMEN DAN KEBIJAKAN PELAYANAN KOMPLEMENTER DALAM PEMECAHAN MASALAH KESEHATAN

Dewa Putu Arwidiana, Kiki Rizki Fista Andriana

Abstract


Masalah Kesehatan masyarakat di Indonesia umumnya disebabkan karena
rendahnya tingkat sosial ekonomi, yang mengakibatkan ketidak mampuan dan ketidak
tahuan dalam berbagai hal, khususnya dalam memelihara diri mereka sendiri (self-care).
Masalah Kesehatan jika dibiarkan akan menyebabkan masalah yang meningkat terhadap
individu, keluarga, maupun masyarakat. Dampak dari permasalahan ini adalah
menurunnya kesejahteraan dan kesehatan keluarga serta masyarakat secara keseluruhan.
Keadaan ini akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas keluarga dan masyarakat
untuk menghasilkan sesuatu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, yang selanjutnya
membuat kondisi sosial ekonomi keluarga dan masyarakat semakin rendah, demikian
seterusnya berputar sebagai suatu siklus yang tidak berujung, sehingga diperlukan peran
administrasi dalam mengimplementasikan kebijakanPenelitian ini bertujuan
menganalisis peran administrasi dan kebijakan pelayanan komplementer dalam
memecahkan masalah kesehatan. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan
analisis data sekunder dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
administrasi dan kebijakan pelayanan komplementer berperan penting dalam
meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, mengurangi biaya kesehatan, dan
meningkatkan kepuasan pasien. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan
pelayanan komplementer adalah koordinasi antar lembaga, ketersediaan sumber daya,
dan kesadaran masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan perluasan pelayanan
komplementer dan peningkatan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kualitas
hidup dan kesehatan.


Keywords


Administrasi kesehatan, kebijakan kesehatan, pelayanan komplementer, kualitas pelayanan kesehatan

References


Alamsyah D. (2011) Manajemen

Pelayanan Kesehatan.Yogyakarta:

Nuha Medika.

Al Fatta H. (2007) Analisis dan

Perancangan Sistem Informasi.

Yogyakarta: Andi Offset.

Depkes RI. (2006) Pedoman

Penyelenggaraan dan Prosedur

Rekam Medis Rumah Sakit di

Indonesia (Edisi Revisi II). Jakarta:

Depkes RI.

Hatta GR.(2011). Pedoman Manajemen

Informasi Kesehatan di Sarana

Pelayanan. Jakarta: Universitas

Indonesia.

Herlambang S dan Murwani A. (2012)

Manajemen Kesehatan dan Rumah

Sakit. Yogyakarta: Gosyen

Publishing.

Kadir A. (2013) Pemrograman Database

MySQL. Yogyakarta: Mediakom.

Kusumadewi S, dkk. (2009). Informatika

Kesehatan. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Muninjaya AAG. (2004) Manajemen

Kesehatan. Jakarta: EGC.

Notoatmojo S. (2005) Metodologi

Penelitian Kesehatan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Nugroho A. (2011) Perancangan dan

Impementasi Sistem Basis Data.

Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso IA. (2012) Analisis Dan

Perancangan Sistem Informasi

Rekam Medis Di RSKIA Bhakti Ibu.

Jurnal. Yogyakarta: STMIK

AMIKOM Yogyakarta.

Supraba A. (2013) Analisis Sistem

Informasi Pendaftaran Pasien Pada

Puskesmas Pakem Yogyakarta.

[Jurnal]. Yogyakarta: STMIK

AMIKOM Yogyakarta.

Susanto A. (2007) Sistem Informasi

Manajemen, Konsep dan

Pengembangannya. Bandung:

Lingga Jaya.

Sutarbi T. (2005) Sistem Informasi

Manajemen. Yogyakarta: Andi

Offset. Suyanto M. 2005. Teknologi

Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Taufiq R. (2013). Sistem Informasi

Manajemen. Konsep Dasar,

Analisis dan Metode

Pengembangan. Yogyakarta : Graha

Ilmu.

Undang-undang Republik Indonesia

Nomor 44 Tahun 2009 tentang

Rumah Sakit.

Widayat R (2009). Hospital Organitation.

Yogyakarta : Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v8i01.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats