ANALISIS PERAN MANAGEMEN DAN KEBIJAKAN PELAYANAN KOMPLEMENTER DALAM PEMECAHAN MASALAH KESEHATAN
Abstract
Masalah Kesehatan masyarakat di Indonesia umumnya disebabkan karena
rendahnya tingkat sosial ekonomi, yang mengakibatkan ketidak mampuan dan ketidak
tahuan dalam berbagai hal, khususnya dalam memelihara diri mereka sendiri (self-care).
Masalah Kesehatan jika dibiarkan akan menyebabkan masalah yang meningkat terhadap
individu, keluarga, maupun masyarakat. Dampak dari permasalahan ini adalah
menurunnya kesejahteraan dan kesehatan keluarga serta masyarakat secara keseluruhan.
Keadaan ini akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas keluarga dan masyarakat
untuk menghasilkan sesuatu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, yang selanjutnya
membuat kondisi sosial ekonomi keluarga dan masyarakat semakin rendah, demikian
seterusnya berputar sebagai suatu siklus yang tidak berujung, sehingga diperlukan peran
administrasi dalam mengimplementasikan kebijakanPenelitian ini bertujuan
menganalisis peran administrasi dan kebijakan pelayanan komplementer dalam
memecahkan masalah kesehatan. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan
analisis data sekunder dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
administrasi dan kebijakan pelayanan komplementer berperan penting dalam
meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, mengurangi biaya kesehatan, dan
meningkatkan kepuasan pasien. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan
pelayanan komplementer adalah koordinasi antar lembaga, ketersediaan sumber daya,
dan kesadaran masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan perluasan pelayanan
komplementer dan peningkatan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kualitas
hidup dan kesehatan.
Keywords
References
Alamsyah D. (2011) Manajemen
Pelayanan Kesehatan.Yogyakarta:
Nuha Medika.
Al Fatta H. (2007) Analisis dan
Perancangan Sistem Informasi.
Yogyakarta: Andi Offset.
Depkes RI. (2006) Pedoman
Penyelenggaraan dan Prosedur
Rekam Medis Rumah Sakit di
Indonesia (Edisi Revisi II). Jakarta:
Depkes RI.
Hatta GR.(2011). Pedoman Manajemen
Informasi Kesehatan di Sarana
Pelayanan. Jakarta: Universitas
Indonesia.
Herlambang S dan Murwani A. (2012)
Manajemen Kesehatan dan Rumah
Sakit. Yogyakarta: Gosyen
Publishing.
Kadir A. (2013) Pemrograman Database
MySQL. Yogyakarta: Mediakom.
Kusumadewi S, dkk. (2009). Informatika
Kesehatan. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Muninjaya AAG. (2004) Manajemen
Kesehatan. Jakarta: EGC.
Notoatmojo S. (2005) Metodologi
Penelitian Kesehatan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Nugroho A. (2011) Perancangan dan
Impementasi Sistem Basis Data.
Yogyakarta: Andi Offset.
Santoso IA. (2012) Analisis Dan
Perancangan Sistem Informasi
Rekam Medis Di RSKIA Bhakti Ibu.
Jurnal. Yogyakarta: STMIK
AMIKOM Yogyakarta.
Supraba A. (2013) Analisis Sistem
Informasi Pendaftaran Pasien Pada
Puskesmas Pakem Yogyakarta.
[Jurnal]. Yogyakarta: STMIK
AMIKOM Yogyakarta.
Susanto A. (2007) Sistem Informasi
Manajemen, Konsep dan
Pengembangannya. Bandung:
Lingga Jaya.
Sutarbi T. (2005) Sistem Informasi
Manajemen. Yogyakarta: Andi
Offset. Suyanto M. 2005. Teknologi
Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Taufiq R. (2013). Sistem Informasi
Manajemen. Konsep Dasar,
Analisis dan Metode
Pengembangan. Yogyakarta : Graha
Ilmu.
Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 44 Tahun 2009 tentang
Rumah Sakit.
Widayat R (2009). Hospital Organitation.
Yogyakarta : Andi Offset
DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v8i01.1256
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :
Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats