Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda dalam Mewujudkan Pemilihan Umum (PEMILU) yang Berintegritas di Kota Denpasar

Anak Agung Ngurah Agung Wira Bima Wikrama, Regina Citra Indriastuti, Ni Putu Ari Setiawati

Abstract


Generasi muda di perkirakan menjadi kelompok pemilih dengan proporsi yang sangat besar, di kota Denpasar sendiri mencapai 52% di pemilu 2024. Potensi itu harus dimaksimalkan negara sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia ditengah tantangan bonus demografi dalam kemajuan demokrasi Indonesia. Perbedaan latar belakang tingkat Pendidikan menjadi penyebab ketimpangan sosial, ekonomi, dan politik termasuk aksesibilitas sumber daya informasi. Mendorong pada apatisme dan pragmatisme dikalangan pemuda. Minimnya Pendidikan tentang politik kewarganegaraan menjadi suatu dilema dan konsekuensinya logis, dimana negara ingin pemilu berkualitas. Jika kita lihat beberapa tahun belakang, minat tentang politik dikalangan generasi muda sangat minim, hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi terhadap pentingnya politik untuk kemajuan negara Indonesia. Dimana hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas dumber daya manusia itu sendiri, yang dimaksud pada hal ini adalah generasi muda.

 

Kata kunci: Pendidikan Politik, Pemilihan Umum, Generasi Manusia.

 

Abstract The millennial generation is estimated to be a voter group with a very large proportion, in the city of Denpasar itself reaching 52% in the 2024 elections. This potential must be maximized by the state as an effort to increase human resources amidst the challenges of the demographic bonus in the progress of Indonesian democracy. Differences in educational background levels are the cause of social, economic and political inequality, including the accessibility of information resources. Encouraging apathy and pragmatism among youth. The lack of education about civic politics is a dilemma and the consequences are logical, where the country wants quality elections. If we look at the past few years, interest in politics among the younger generation is very minimal, this is due to a lack of socialization regarding the importance of politics for the progress of the Indonesian state. Where this will also affect the quality of human resources themselves, what is meant by this is the younger generation


Keywords


Pendidikan Politik, Pemilihan Umum, Generasi Manusia.

Full Text:

PDF

References


Arniti, N. K. (2020). Partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum legislatif.

Aryawan, P. S., Kohdrata, N., & Bawono, R. A. (2019). Transformasi fungsi catus patha sebagai lanskap sejarah di Kota Denpasar. Jurnal Arsitektur Lansekap, 5(2).

Budiarjo, M. (2008). Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019).

Memahami perkembangan anak generasi alfa di era industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178-186.

Kartini,Kartono.(2009). Patologi Sosial, Jilid 1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kantaprawira, Rusadi, 2004, Sistem Politik Indonesia, Suatu Model Pengantar, Edisi Revisi, Sinar baru Algensindo, Bandung.

Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(2), 329-348. Moertopo, A. (1974). Strategi politik nasional. CSIS.

Prasetyo, K. B., Putri, N. A., & Pramono, D. (2022). Pendidikan Politik Generasi Muda Melalui Gerakan Voluntarisme Komunitas Milenial. Konservasi Pendidikan, (3), 1-29.

Pratama, D., Widodo, T., & Maulia, S. T. (2023). Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Milenial. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 79-89.

Ramlan, S. (1992). Memahami ilmu politik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Riyanti, R., Luthfi, A., & Rohana, D. (2023). Peran Generasi Muda dalam Pendidikan

Saud, M., Ida, R., Abbas, A., Ashfaq, A., & Ahmad, A. R. (2020). Media sosial dan digitalisasi partisipasi politik pada generasi muda: perspektif indonesia. Jurnal Society, 8(1), 87-97.

Setiawan, H. D., & Djafar, T. B. M. (2023). Partisipasi Politik Pemilih Muda dalam Pelaksanaan Demokrasi di Pemilu 2024. Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 8(2), 201-213.

Siregar, A. N. (2023). Pendidikan Politik Sebagai Wujud Peningkatan Partisipasi dan Kesadaran Kaum Milenial dalam Pemilu Serentak 2024. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 103-108.

Suswandy, S., Firman, M., Juliati, J., & Anugrah, A. W. (2020). Partisipasi Politik Anak Muda dalam Organisasi Aktivis Online: Dampaknya pada Perubahan Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Yolandha, W., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Konsilidasi Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v8i01.1234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats