STRATEGI MANAJERIAL DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK : STUDI KASUS DI MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN BADUNG

I Putu Dedy Rimbawan, Ni Made Sudiari, I Gede Githa Dharma Husada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajerial yang diterapkan dalam peningkatan kualitas layanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Satu Pintu Kabupaten Badung. MPP merupakan salah satu inovasi yang diterapkan oleh pemerintah daerah untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan publik dengan lebih efisien dan tanpa birokrasi yang rumit. Namun, meskipun konsep ini memiliki potensi yang besar, penerapannya memerlukan dukungan strategi manajerial yang efektif agar dapat memberikan layanan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dengan pihak manajemen MPP dan pengamatan langsung terhadap pelaksanaan layanan di MPP Kabupaten Badung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja manajerial dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajerial yang diterapkan di MPP Kabupaten Badung mencakup perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik, serta pengelolaan sumber daya manusia dan teknologi informasi yang optimal. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa tantangan, seperti hambatan dalam manajemen perubahan dan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar MPP dapat lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi, meningkatkan pelatihan pegawai, serta memperbaiki sistem evaluasi kinerja untuk memastikan layanan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan manajemen layanan publik yang lebih baik, khususnya di tingkat pemerintahan daerah.

Keywords


strategi manajerial, kualitas layanan publik, Mal Pelayanan Publik, manajemen perubahan, sumber daya manusia, teknologi informasi.

Full Text:

PDF

References


Afifah, Zaidiah Nur, Nur Siti Rohimah, Rizky Utama Putra, and Muhammad Andi Septiadi. 2024. “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) Di Kota Bandung.” Jejaring Administrasi Publik 16(1): 61–75. doi:10.20473/jap.v16i1.59244.

Agung Husein S Pangkey Alden Laloma, Mohammad M. 2020. “Dampak Kebijakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu on Mall Di Kota Manado.” Jurnal Administrasi Publik 6(94).

Aryanisila. 2023. “Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik Untuk Masyarakat Di Kota Palembang.” SIMBOL (Jurnal Administrasi Publik dan Pemerintahan) 2(1): 1–11. http://ejournal.stisipimambonjol.ac.id/.

M. Yamin. 2021. “Pembentukan Mal Pelayanan Publik Melalui Pendekatan Manajemen Perubahan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik 3(1): 69–84.

Mumayyisah, Fadiyah, Ihyani Malik, and Riskasari. 2024. “Efektivitas Kebijakan Mal Pelayanan Publik Terpadu Di Kabupaten Barru.” Jurnal Unismuh 5(1): 89–103. https://journal.unismuh.ac.id.

Nababan, Wiranata, and Elsa Gustini Vinsensia Situmorang. 2023. “Strategi Peningkatan Keefektifan Mal Pelayanan Publik Pada Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Sumedang Menggunakan Analisis Soar Dan Matriks Qspm.” Jurnal Registratie 5(1): 1–19. doi:10.33701/jurnalregistratie.v5i1.3343.

Rahayu, Fatwa Indah, Muhammad Noor, and Muhammad Jamal Amini. 2023. “Inovasi Mal Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kota Samarinda.” Jurnal Ilmu Pemerintahan 11(1): 18–25.

Umam, Ukrimatul, and Adianto Adianto. 2020. “Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik.” Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum 4(1): 160–65. doi:10.30601/humaniora.v4i1.600.

Widanti, Annisaa Ligar. 2015. “Strategic Management Dynamics Strategic Management.” Pearson: 801.




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v8i01.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats