Dampak Marketing Politik Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih (Paket Desa Sejahtera) Bagi Generasi Millenial Pada Pilkada Serentak di Kabupaten Timor Tengah Utara

Agustinus Longa Tiza, Melkianus Suni, Yakobus Kolne

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui sejauhmana dampak marketing politik calon Bupati dan wakil Bupati terpilih (Paket Desa Sejahtera) bagi generasi Milenial pada Pemilukada 2020 di Kabupaten Timor Tengah Utara. Adapun hal lainnya yakni dapat melihat sejauh mana stigma tentang pemasaran politik politisi atau kontestan bagi generasi milenial memiliki pengaruh yang sangat signifikan dengan memanfaatkan media sosial yang dikemas dalam hajatan politik sehingga dapat mempengaruhi pemilih milenial dalam menentukan hak suara dalam pilkada.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif karena ingin meneliti pada pola kondisi obyek yang alamiah dan apa adanya. Dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi untuk mendapatkan kedalaman informasi, maka menggunakan jenis metode pendekatan Fenomenologi. Informan yang ditentukan adalah pemilih milenial (rentang kelahiran 1982-2002 menurut teori generasi Howe dan Strauss) berada di Kabupaten Timor Tengah Utara yang berpartisipasi pada pemilukada Kabupaten TTU tahun 2020. Penentuan informan dalam penelitian ini adalah informan yang mengalami atau di anggap mengetahui fenomena atau dikategorikan mampu memberikan informasi terkait dengan Marketing Politik Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih (Paket Desa Sejahtera). Oleh karena Peneliti belum mengetahui secara pasti orang – orang yang bisa dijadikan informan, maka penelitian mengunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketokohan kandidat, Tagline, Partai pengusung, Ruang bagi Milenial yang di gunakan oleh paket Desa Sejahtera mempengaruhi Pemilih Milenial untuk berpartisipasi dalam Pilkada. Selain itu, mampu menaikkan elektabilitas Paket Desa Sejahtera


Keywords


Marketing Politik, Generasi Millenial, Pilkada

Full Text:

PDF

References


Amal, Ichlasul dan Budi Winarno. 1987. Metodologi Ilmu Politik. Yogyakarta: PAU Studi Sosial Universitas Gajah Mada

Alvara Research Center. 2016. Generasi Millenial Indonesia: Tantangan dan Peluang Pemuda Indonesia. alvara-strategic.com.

Hasanuddin, Ali. 2017. Milenial Nusantara. Gramedia Pustaka Utama

Firmanzah. 2012. Marketing politik, antara pemahaman dan realitas. Yayasan Pustaka Obor Indonesia : Jakarta

Firmanzah. 2010. Persaingan, Legitimasi Kekuasaan, dan Marketing Politik. Yayasan Pustaka Obor Indonesia : Jakarta

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi. Bandung: Widya Padjadjajaran

Huntington, Samuel P dan Nelson, Joan M. 1994. Partisipasi Politik Di Negara Berkembang. Jakarta: Rineka Cipta

Miriam Budiarjo. 1982. Partisipasi dan Partai Politik. Jakarta: Gramedia

Morrison, 2016. Tingkat Partisipasi Politik Dan Sosial Generasi Muda Pengguna Media Sosial. Jurnal Visi Komunikasi/Volume 15, No.01, Mei 2016

Mulawarman, Nurfitri, A. D. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau dari Pesrpektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi. Volume 25, No. 01, Hal. 36-44

Prasetyanti,R dan Sisman P. 2017. Generasi Millennial Dan Inovasi Jejaring Demokrasi Teman Ahok. Jurnal Polinter Prodi Ilmu Politik FISIP UTA’45 Jakarta Vol. 3 No. 1 (Maret-Agustus 2017)

Rahman, H. I. 2007. Sistem Politik Indonesia.Yogyakarta; Graha Ilmu

Rojaby, Uky D. 2018. Apatisme Generasi Milenial Terhadap Politik (Studi Kasus Kodok Alas Pada Pilgub Jatim 2018). Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Sastroatmodjo, Sudijino. 1995. Perilaku Politik. Semarang: IKIP Semarang Press

Strauss,W. Howe, N. 1991. Generations: The history of America’s future, 1584 to 2069.New York: William Morrow & Co.

Yuda, Hanta. 2018. Membaca Arah pemilih Milenial. Media Indonesia. Diakses tanggal 19 Maret 2019.

Judhita, Christany dan Josep Darmawan, 2018. Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Generasi Milenial. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 22. No. 2. Halaman 94-109 Internet politik.lipi.go.id




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v7i2.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats