Dampak Marketing Politik Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih (Paket Desa Sejahtera) Bagi Generasi Millenial Pada Pilkada Serentak di Kabupaten Timor Tengah Utara
Abstract
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui sejauhmana dampak marketing politik calon Bupati dan wakil Bupati terpilih (Paket Desa Sejahtera) bagi generasi Milenial pada Pemilukada 2020 di Kabupaten Timor Tengah Utara. Adapun hal lainnya yakni dapat melihat sejauh mana stigma tentang pemasaran politik politisi atau kontestan bagi generasi milenial memiliki pengaruh yang sangat signifikan dengan memanfaatkan media sosial yang dikemas dalam hajatan politik sehingga dapat mempengaruhi pemilih milenial dalam menentukan hak suara dalam pilkada.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif karena ingin meneliti pada pola kondisi obyek yang alamiah dan apa adanya. Dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi untuk mendapatkan kedalaman informasi, maka menggunakan jenis metode pendekatan Fenomenologi. Informan yang ditentukan adalah pemilih milenial (rentang kelahiran 1982-2002 menurut teori generasi Howe dan Strauss) berada di Kabupaten Timor Tengah Utara yang berpartisipasi pada pemilukada Kabupaten TTU tahun 2020. Penentuan informan dalam penelitian ini adalah informan yang mengalami atau di anggap mengetahui fenomena atau dikategorikan mampu memberikan informasi terkait dengan Marketing Politik Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih (Paket Desa Sejahtera). Oleh karena Peneliti belum mengetahui secara pasti orang – orang yang bisa dijadikan informan, maka penelitian mengunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketokohan kandidat, Tagline, Partai pengusung, Ruang bagi Milenial yang di gunakan oleh paket Desa Sejahtera mempengaruhi Pemilih Milenial untuk berpartisipasi dalam Pilkada. Selain itu, mampu menaikkan elektabilitas Paket Desa Sejahtera
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amal, Ichlasul dan Budi Winarno. 1987. Metodologi Ilmu Politik. Yogyakarta: PAU Studi Sosial Universitas Gajah Mada
Alvara Research Center. 2016. Generasi Millenial Indonesia: Tantangan dan Peluang Pemuda Indonesia. alvara-strategic.com.
Hasanuddin, Ali. 2017. Milenial Nusantara. Gramedia Pustaka Utama
Firmanzah. 2012. Marketing politik, antara pemahaman dan realitas. Yayasan Pustaka Obor Indonesia : Jakarta
Firmanzah. 2010. Persaingan, Legitimasi Kekuasaan, dan Marketing Politik. Yayasan Pustaka Obor Indonesia : Jakarta
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi. Bandung: Widya Padjadjajaran
Huntington, Samuel P dan Nelson, Joan M. 1994. Partisipasi Politik Di Negara Berkembang. Jakarta: Rineka Cipta
Miriam Budiarjo. 1982. Partisipasi dan Partai Politik. Jakarta: Gramedia
Morrison, 2016. Tingkat Partisipasi Politik Dan Sosial Generasi Muda Pengguna Media Sosial. Jurnal Visi Komunikasi/Volume 15, No.01, Mei 2016
Mulawarman, Nurfitri, A. D. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau dari Pesrpektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi. Volume 25, No. 01, Hal. 36-44
Prasetyanti,R dan Sisman P. 2017. Generasi Millennial Dan Inovasi Jejaring Demokrasi Teman Ahok. Jurnal Polinter Prodi Ilmu Politik FISIP UTA’45 Jakarta Vol. 3 No. 1 (Maret-Agustus 2017)
Rahman, H. I. 2007. Sistem Politik Indonesia.Yogyakarta; Graha Ilmu
Rojaby, Uky D. 2018. Apatisme Generasi Milenial Terhadap Politik (Studi Kasus Kodok Alas Pada Pilgub Jatim 2018). Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
Sastroatmodjo, Sudijino. 1995. Perilaku Politik. Semarang: IKIP Semarang Press
Strauss,W. Howe, N. 1991. Generations: The history of America’s future, 1584 to 2069.New York: William Morrow & Co.
Yuda, Hanta. 2018. Membaca Arah pemilih Milenial. Media Indonesia. Diakses tanggal 19 Maret 2019.
Judhita, Christany dan Josep Darmawan, 2018. Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Generasi Milenial. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 22. No. 2. Halaman 94-109 Internet politik.lipi.go.id
DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v7i2.1061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :
Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats