PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENGAWASANNYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN

Ketut Laksmi Maswari, Ni Ketut Utami Nilawati, I Gde Eka Dharsika

Abstract


Keunggulan kompetitif suatu perusahan tidak lepas dari adanya kemampuan, bakat, tenaga dan kreativitas dari sumber daya manusia yang dimiliki. Tentunya, membuat perusahaan perlu melakukan pengelolaan sumber daya manusia yang baik, sehingga akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan penggunaan sistem informasi manajemen, dampak dalam penggunaan sistem informasi manajemen, manfaat dan kendala dalam penggunaan sistem informasi manajemen, serta mengetahui bagaimana pengawasan dalam penggunaan sistem informasi manajemen.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian yang ditentukan secara purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Jenis data yang diolah adalah data primer dan sekunder.

PT. Atlantic Biruraya Cabang Bali adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi produk air minum dalam kemasan dengan merk “Cheers”. Proses kegiatan yang dilakukan dari pembuatan surat permintaan barang, penerimaan barang, pembuatan faktur, pengiriman barang, dan penagihan.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peranan sistem informasi manajemen dan pengawasannya dapat digunakan pembuatan perencanaan strategi penjualan berdasarkan histori pelanggan, menjadi media koordinasi semua bagian dalam melakukan pekerjaannya, mempercepat waktu penyelesaian tugas administrasi dari pembuatan faktur hingga pelunasan tagihan serta melakukan pengawasan terhadap operasional perusahaan. Pengawasan dilakukan pada kegiatan opname sistem dengan fisik yang ada seperti data stock barang, data keuangan, data asset perusahaan dan data piutang yang dilakukan setiap bulan serta dilakukan audit internal per enam bulan dari pusat. Penelitian ini  memiliki dampak positif dalam memberikan informasi mengenai data-data pelanggan dengan cepat dan akurat.


Keywords


Sistem Informasi Manajemen; Pengawasan; Kualitas Kinerja

Full Text:

PDF

References


Amelia, Shinta dan Bunga, Dinda Ayu. 2022. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kualitas Kinerja karyawan. Neutical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol 1 No 4 Juli 2022 Journal Homepage : https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index

Arifin, R. dan Helmi, M. 2016. Pengantar Manajemen. Penerbit Empat Dua, Malang

Feriyanto, A. dan Shyta, E.T. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1). Mediatera. Kebumen

Kaleb, Bryan J., Lengkong,Victor P.K., Taroreh, Rita N. Penerapan Sistem Informasi Manajemen dan Pengawasannya Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA Vol 7 No 1 Januari 2019 hal 781 -790

Moleong, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v6i2.910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats