KUALITAS PELAYANAN REGULATED AGENT DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI: KOMPARASI PT. KMSI DAN PT. APLOG

I Made Reydita Aryana, Dewanti ., Suryo Hapsoro Tri Utomo

Abstract


PT. Angkasa Pura I Persero menyebutkan bahwa pertumbuhan kargo pada tahun 2020 mencapai 436.049 ton. Tingginya produksi kargo udara tersebut perlu direspon dengan penyediaan sarana dan prasarana yang baik dan memenuhi ketentuan yang berlaku. Proses pemeriksaan kargo udara di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan oleh dua regulated agent (RA) yaitu PT. KMSI Cabang Denpasar dan PT. APLOG Cabang Bali. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas pelayanan kedua RA tersebut dengan menggunakan metode importance – performance analysis (IPA) terhadap 2 (dua) kategori yang berbeda yaitu 1) analisis berdasarkan atribut jasa 2) analisis berdasarkan 5 dimensi kualitas. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 55 (lima puluh lima) responden yang merupakan pengguna jasa kargo udara atau shipper. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi pengguna jasa kargo udara, kedua regulated agent yang beroperasi di Bali memiliki nilai tingkat kinerja rata – rata diatas 4,0 dalam arti pengguna jasa puas dengan kedua kinerja regulated agent tersebut. Namun masih ada beberapa atribut serta dimensi kualitas yang perlu peningkatan. Upaya perbaikan perlu dilakukan oleh RA dalam hal konsistensi personil, kelayakan fasilitas serta pemutakhiran prosedur guna mempertahankan kualitas.

Keywords


kargo udara; kualitas pelayanan; Bali; regulated agent; importance – performance analysis

Full Text:

PDF

References


Darus, M., & Mahalli, K. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 3(6), 14857.

Dyah, D., & Tinggi, W. S. (2021). Peran Agen Teregulasi (Regulated Agent) Dalam Mendukung Keamanan Kargo Udara. Jurnal Mitra Manajemen, 12(No.2).

Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss, 3(1), 98–99.

Janti, S. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Snast, November, A155-160.

Juniawan, D. ., Wicaksono, A., & Kusumaningrum, R. (2018). Kajian Kinerja Pelayanan Sisi Darat Bandara Banyuwangi Dengan Metode Ipa Dan Swot. Universitas Brawijaya.

Majid, S. A., & Warpani, E. P. D. (2009). Ground Handling: Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan. Rajawali Pers.

Martilla, J. ., & James, J. . (1997). Importance-Performance Analysis. Journal Of Marketing, 41(1), 77–79.

Nasution, M. . (2005). Manajemen Mutu Terpadu : Total Quality Management (Kedua). Ghalia Indonesia.

Ormanovic, S., Ciric, A., Talovic, M., Alic, H., Jeleskovic, E., & Causevic, D. (2017). Importance-Performance Analysis: Different Approaches. Acta Kinesiologica, 11, 58–66.

Peraturan Menteri Perhubungan No 53 Tahun 2017, (2017) (Testimony Of Kementerian Perhubungan).

Riduwan. (2009). Dasar - Dasar Statistika (P. D. Iswara (Ed.)). Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cv Alfabeta.

Suprapto, J. (1997). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta.

Tjiptono, & Fandy. (2018). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Edisi 3).

Undang - Undang No.1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, (2009) (Testimony Of Kementerian Perhubungan).

Yuliana, D. (2013). Tingkat Pelayanan Regulated Agent Dan Kemauan Membayar Pengguna Jasa Kargo Udara (Shipper). Warta Penelitian Perhubungan, 25(1). Https://Doi.Org/10.25104/Warlit.V25i1.708




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v6i2.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats