Pengaruh Potongan Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Canvasing Nirmala Di Klungkung Bali
Abstract
Semenjak terjadinya pandemi Covid-19, banyak perusahaan mengalami penurunan dalam penjulannya termasuk Canvasing Nirmala yang berada di kabupaten Klungkung yang mengalami fluktuasi penjualan selama tahun 2021 dan tidak dapat mencapai target penjualan bulanan. Hal ini membuat Canvassing Nirmala melakukan berbagai inovasi dalam meningkatkan penjualannya. Beberapa diantaranya adalah dengan memberikan potongan harga dan melakukan promosi penjualan yang diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian para konsumen. Diharapkan dengan meningkatnya keputusan pembelian akan berdampak pada peningkatan hasil penjualan. Populasi pada penelitian ini sebanyak 134 orang konsumen tetap pada Canvassing Nirmala di Kabupaten Klungkung. Pengambilan sampel, dilakukan dengan menggunakan metode purposive random sampling sebanyak 58 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, analisis statistik uji F (F-test) dan analisis statistik uji t (t-tes). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara potongan harga dan promosi penjualan terhadap keputusan pemebelian di Canvassing Nirmala di Kabupaten Klungkung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Emor, R. Y., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh Potongan harga, Citra Merek, dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal EMBA, 3(2), 738-748. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/8715/8279
Fadillah, A., & Syarif, R. (2013). Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 77-84. Retrieved from https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/download/256/212/
Fredik, T. F., & Dewi, S. I. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. JISIP - Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2), 84-88. Retrieved from https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1433/1008.
Hasbiyadi, H., Mursalim, M., Suartini, S., Djunaid, S., & Masrum, A. A. (2017). Pengaruh Lokasi dan promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Villa Samata Sejahtera Pada PT. Sungai Saddang Sejahtera. Jurnal Ilmiah Bongaya, 2(2), 57-64. Retrieved 2022, from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/144/93
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edition ed.). Pearson: Prentice Hall.
Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (5 ed.). (D. K. Yahya, Trans.) Jakarta: Erlangga
Nugroho, N. P. (2010). Peran Canvassing Dalam Pemasaran Produk Flexi di Surakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Retrieved 2022, from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/15362/MzAzMjg=/Peran-canvassing-dalam-pemasaran-produk-flexi-di-Surakarta-3389.pdf
Prabarini, A., Heryanto, B., & Puji, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toserba Borobudur Kediri (Studi Kasus Produk Kecantikan Wardah). JIMEK - Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 259-270. Retrieved 2022, from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek/article/download/308/253
Salim, A., & Fermayani, R. (2021). Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Departement Store Padang. Menara Ekonomi, 7(3), 1-14. Retrieved from https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/download/2836/pdf
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sulasih, Adawiyah, W. R., & Adi, P. H. (2021). Model Theory of Planned Behaviour Dalam Memprediksi Perilaku Konsumsi Jamu Perspektif Konsumsi Islam Serta Impllikasi Pada Strategi Pemasaran. Jurnal Muslim Heritage, 6(2), 405-421. Retrieved 2022, from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/download/3125/1915
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik (2 ed.). Andi.
Wahyuni, S. A., & Kartika, P. D. (2019). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi pada perusahaan Unilever Tbk th 2015-2019). Media Bina Ilmiah, 14(3), 2085-2094. doi:https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.309
DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v6i1.763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :
Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats