ANALISIS PERGERAKAN PUTAR BALIK KENDARAAN PADA KINERJA RUAS JALAN BYPASS NGURAH RAI-NUSA DUA

I Made Kariyana, Tri Hayatining Pamungkas, Ni Putu Suda Nurjani, Eliyakin Rahmat Ndruru

Abstract


Pembangunan bukaan median jalan yang berada di sepanjang jalan Baypass Ngurah Rai-Nusa Dua, yang dimanfaatkan pengendara untuk putar balik kendaraan atau gerakan U-Turn, sangat mempengaruhi kinerja ruas jalan. Efektifitas kinerja lulu lintas dapat berkurang dan dapat mengakibatkan tingginya antrean kendaraan pada area U-Turn. Fakta tersebut mengakibatkan semakin meningkatnya peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas darat. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak gerakan putar balik U-Turn terhadap kinerja ruas jalan Baypass Ngurah Rai-Nusa Dua. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung, dan kemudian analisis data secara kuantitatif berdasarkan hasil pengamatan langsung ke lapangan. Penelitian ini dilakukan di hari senin, dalam rentang waktu pagi sampai sore hari.  Fokus objek pengamatan adalah kendaraan roda dua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, area putaran balik (U-Turn) yang ada di sepanjang Baypass Ngurah Rai Nusa Dua memiliki kinerja rendah.   Rasio fasilitas pelayanan putaran balik kendaraan memiliki median < 1 pada saat jam sibuk.


Keywords


Kinerja Ruas Jalan; Putar Balik Kendaraan; Transportasi Darat

Full Text:

PDF Full Article

References


Agah, Hendy R. (2007) Analisis Putaran Balik. Jakarta

Anonim. Manual Kapasitas Jalan Indonesian (MKJI). (1997). Jakarta: PT Bina Karya Persero.

Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga, (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Gde Sumarda, I. M. K., Dana Saputra. (2019). Analisa Kinerja U-Turn Dan Ruas Jalan Di Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar, Studi Kasus: Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar Di Depan SPBU Suwung Sanur. Jurnal Teknik Gradien, 11(1).

Gde Sumarda, I. G. I., dan I Nyoman Budiasa. (2021). Pengaruh Hambatan Samping, U-Turn Dan Jalinan Terhadap Volume Lalu Lintas Ruas Jalan Menuju Arah Nusa Dua Pada Simpang Dewa Ruci. Paduraksa, 10(1), 169-181. doi:DOI: 10.22225/pd.10.1.2618.169-181

Jenny, C. Amrita, W. (2019) Analisis Putaran Balik (U-Turn) Terhadap Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Raya Waru Sidoarjo. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapa VII. Insitut Teknologi Adhi Tama Surabaya. ISSN 2685- 6875.

Muhammad Rifaldo Rosta, (2019). Analisa Putaran Balik Arah (U-Turn) Di Ruas Jalan KH Wahid Hasyim Palembang. Jurnal Tekno, Vol 16, No 1.

Siska Adekantari, E. N., Didin Najimuddin, Zulkarnaen. (2021). Analisis Pengaruh Putar Balik Arah (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintasruas Jalan Diponegoro Sta 0+600 M Kota Sumbawa Besar. Jurnal SainTekA, 3(2). Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/sainteka/article/view/680

Telly Rosdiyani, (2020). Evaluasi Penerapan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Putaran Balik Arah (U-Turn) Di Jalan Lingkar Selatan Km. 1 Kota Cilegon Banten. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol 16, No 02.

Yanti, E. A. (2022). Analisa Pengaruh Jarak U-Turn Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Di Jalan Sriwijaya Lombok Epicentrum Mall). (Bachelor), Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram.




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v7i2.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats