ANALISIS STRATEGI KEBERLANJUTAN UMKM DENGAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) PADA UMKM KUDAMONO DEPOT ONLINE DI DENPASAR

Ni Luh Laksmi Rahmantari, Agus Putra Mardika, Ni Putu Lina Mustika Dewi

Abstract


Abstrak Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah saat ini memiliki peran yang penting dalam perkembangan ekonomi saat ini. Peranan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam konteks perkembangan ekonomi di Indonesia sangat perlu diperhatikan karena menjadi sorotan utama perkembangan ekonomi karena mampu memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan lapangan pekerjaan di Indonesia. Salah satu UMKM dalam penelitian ini ialah Kudamono Depot Online. UMKM ini bergerak bergerak di sektor kuliner. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahapan sebelum menggunakan Analisa QSPM yaitu menggunakan Analisis SWOT dengan mengumpukan data berdasarakan hasil wawancara dengan pemilik dan pelanggan dari Kudamono Depot online sebanyak 10 orang. Dari hasil Analisa QSPM alternatif sesuai dengan nilai bobotnya jika nilai TAS yang konsisten. Peringkat yang tertinggi diberikan untuk bobot terbesar. Berdasarkan pada tabel 5 bahwa strategi yang pertama perlu diperhatikan yang pertama adalah pengembangan produk dengan nilai tertinggi yaitu 0,495, dilanjutkan dengan strategi penetrasi pasar dengan nilai 0,483 dan yang terakhir adalah pengembangan pasar sebesar 0,297

Keywords


UMKM, QSPM

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. J., Qurtubi, Q., & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(1), 61–67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4595

Damariyanti, K. L., Hartiati, A., & Sedana Yoga, I. W. G. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kedai Kopi “Kandera Coffee” Denpasar Bali menggunakan Metode Swot dan QSPM Business Development Strategy for Coffee Shop “Kandera Coffee” Denpasar Bali Using Swot and QSPM Methods. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 9(2), 228–237.

Dharmmesta, B. S., & Prabawa, T. S. (2020). Digital marketing for micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs) in Indonesia: A systematic literature review. Journal of Small Business and Enterprise Development, 27(7), 1123-1144.

Indriarti, R., & Rachmawati Chaidir, N. (2021). Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qpsm) Untuk Merumuskan Strategi Bisnis. Jurnal MANAJERIAL, 20(1), 159–170. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i1.41179

Jayadi, T. P., & Putra, A. R. (2020). The impact of regulation on business development: A study on MSMEs in Bali. Journal of Indonesian Economy and Business, 35(3), 205-218.

Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia: http://www.depkop.go.id/

Mardika, A. P., Dharmawan, I. P., Susila, S., & Wirayudha, I. G. B. (2022). UMKM Bata Press UD . Intan Desa Pejaten Kabupaten. 1(10), 1133–1138.

Pradnyana, G. B., & Idris, G. A. (2019). Entrepreneurial competence, business success, and marketing innovation in micro and small businesses. Journal of Entrepreneurship Education, 22(2), 1-10.

Puspitasari, E., & Yustika, A. E. (2020). Determinants of access to finance for micro, small, and medium enterprises in Bali. Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(6), 381-389.

Utari, N. K. M. T. (2023). Implementation of the Business Model Canvas ( BMC ) and Projection of Financial Analysis as a Solution for the Continuity of Home Industry Activities. 10, 98–103.

Widiyarini, W., & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 384. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4186

Wiguna, S. B. P., & Pradnyana, I. W. A. (2020). The impact of COVID-19 pandemic on micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in Bali. Journal of Business and Tourism, 1(1), 13-18.




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v6i2.849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats