KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA NOSTIMO GREEK GRILL UBUD RESTORAN DI MASA PANDEMI COVID-19

I Nyoman Parta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi penelitian ini di Nostimo Greek Grill Ubud Restoran. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Nostimo Greek Grill Ubud Restoran dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t dan Uji Koefisien Determinasi. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signfikan terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh variabel lingkungan kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah 52,2%. Saran yang dapat diberikan adalah Nostimo Greek Grill Ubud Restoran hendaknya melakukan inovasi pada kualitas makanan dan minuman yang ditawarkan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan, serta memberikan pelatihan kepada karyawan, agar nantinya karyawan mampu menjelaskan apapun pertanyaan konsumen mengenai menu dan informasi.


Keywords


Product Quality, Service Quality and Consumer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Al Aliyah, H., & Istiyanto, B. (2022). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman Noni Juice Boyolali Saat Pandemi. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 130-135.

Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Raja Grafindo Prasada.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2021. Perkembangan Pariwisata Bali Oktober 2021. https://bali.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html

Maulidah, I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. Vol 13(1): 26-29.

Mentang, J. J., Ogi, I. W., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Marina Hash In Manado Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol 9(4): 680-690.

Kolter, P., & Amstrong, G. 2014. Principles of Marketing, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Erlangga. Jakarta

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen pemasaran jasa teori dan praktik. Jakarta: Salemba empat

Tandra, M. M., Lumanauw, B., & Rogi, M. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Era New Normal Pada Starbucks Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 176-184.

Nawawi, 2011, Manajemen Sumber Daya manusia: Untuk Bisnis Kompetitif, Gajdahmada University Press, Yogyakarta.

Novitasari, Rahmi. 2013. Pengaruh Koordinasi & Pendelegasian Wewenang Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Sumber Daya Manusia PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kantor Direksi Medan. Skripsi Pada Universitas Medan Area Medan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional Pebrianto, F. (2020). Riset: Belanja onlime meningkat pesar di tengah pandemi covid-19.

Rachmawati, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen melalui Marketing Relationship di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 9(2): 239-245. doi:https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i2.7099

Siregar, Syofian. 2017. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT. Bumi Angkasa.Jakarta

Tjiptono, Fandy dan Candra, Gregorius. 2016. Service, Quality dan Satisfaction, Edisi keempat, Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra. 2019. Pemasaran Jasa, Edisi kedua, Yogyakarta: Andi Offset

Ulasan tentang Nostimo Greek Grill Ubud 2021, (online), https://www.tripadvisor.co.id/Restaurant_Review-g297701-d12652356-Reviews-Nostimo_Greek_Grill_Ubud-Ubud_Gianyar_Regency_Bali.html, diakses pada 5 Oktober 2021

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Kompas.com.




DOI: https://doi.org/10.47532/jis.v6i2.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Satyagraha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Satyagraha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats