Pencegahan Dan Penindakan Pembajakan Film Berdasarkan Peraturan Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta

Anak Agung Gede Agung Indra Prathama, I Gede Mahatma Yogiswara Winatha, Ni Made Novi Maharani, Ni Wayan Devi Muliyanti

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji serta mejelaskan upaya kepolisian untuk upaya mencegah serta menindak bentuk dari pelanggaran Undang- Undang Tentang Hak Cipta Nomor (28 Tahun 2014). Karena kurangnya sosialisasi dan kurangnya keseriusan dari pihak pemerintah, upaya pencegahan pembajakan saat ini tidak efektif. Namun, sejumlah perompak secara aktif di sosialisasikann, dikendalikan, dan dimusnahkan oleh polisi, yang juga mengambil bentuk tindakan dan juga diperlukan. Sesuai adanya peraturan Undang-Undang Nomor (28 Tahun 2014) tentang Hak Cipta, penyidikam terhadap/pihak pihak kepolisian termasuk dari pengaduan serta banyaknya juga pihak yang merasaq rugi/dirugikan. Yang diperbuat/dilakukan oleh banyak pihak pemerintalmelalui bentuk dari penegak hukum yaitu pihak kepolisian , sebagaimana tercantum dalam Pasal 120 tentang delik aduan. Jenis penelitian ini bersifat empiris dan menggunakan metode penelitian sosiologis dan hukum. Hal itu dilakukan secara langsung dengan mengumpulkan data dari pencegahan dan juga bari penindakan pihak kepolisian berdasarkan nomor “UU Hak Cipta”. Nomor (28 Tahun 2014). Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis data, khususnya berupa uraian-uraian yang tersusun rapi, efektif logis, runtut.

Keywords


Pembajakan Film; Hak Cipta Pencegahan; Penindakan

Full Text:

PDF

References


Wangania, Nikita Thessalonica Virginia. "Tindak Pidana Atas Pembajakan Film Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak

Cipta." Lex Privatum 7.7 (2019).

Ningsih, Ayup Suran, And Balqis Hediyati Maharani. "Penegakan Hukum Hak Cipta Terhadap Pembajakan Film Secara Daring." Jurnal Meta-Yuridis 2.1 (2019).

Noor, Nurkhaliq Khussamad. "Perlindungan Hukum Hak Cipta Atas Film Layar Lebar Yang Dipublikasi Melalui Media Sosial Tanpa Izin." Riau Law Journal 3.1 (2019): 124-148.

Mufthi, Fikri Ali, And Supianto Supianto. "Perlindungan Hukum Bagi Pencipta Film Terhadap Peredaran Digital Video Disk (Dvd) Film Bajakan." Welfare State Jurnal Hukum 1.2 (2022): 239-268.

Prihantoko, Bayu, And S. H. Inayah. Perlindungan Hak Cipta Atas Film Dengan Format Video Cam Pada Warnet Di Surakarta (Studi Kasus Warnet Di Wilayah Surakarta). Diss. Universitas

Muhammadiyah Surakarta, 2019. Refangga, G. S. Pencegahan Dan

Penindakan Peredaran Cd Bajakan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.

Fahreza, Imam Rizky. Upaya Perlindungan Hukum Hak Cipta Kain Songket Batu Bara Bedasarkan Fatwa Mui No 1 Tahun 2003 Tentang Hak Cipta (Studi Kasus Desa Padang Genting Kec. Talawi Kabupaten Batubara). Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2021.

Refangga, G. S. Pencegahan Dan Penindakan Peredaran Cd Bajakan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.

Ningsih, Ayup Suran, And Balqis Hediyati Maharani. "Penegakan Hukum Hak Cipta Terhadap Pembajakan Film Secara Daring." Jurnal Meta-Yuridis 2.1 (2019).




DOI: https://doi.org/10.47532/jirk.v6i2.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Raad Kertha Indexed By :

Jurnal Ilmiah Raad Kertha site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats