KONSTRUKSI PARADIGMA IDENTITAS DOSEN DALAM MEWUJUDKAN BERPIKIR KRITIS Pergulatan Budaya Positif di Kampus

I Wayan Majuarsa, I Ketut Kasna

Abstract


Pendidikan merupakan proses bagi mahasiswa untuk mempertahankan pengetahuan yang mereka minati untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan dalam menunjang kehidupannya. Dosen dan mahasiswa sekarang diperkenalkan dengan 4C dalam proses belajar mengajar yang digunakan untuk menyiapkan keterampilan mahasiswa untuk kebutuhan pendidikan dan perkembangan kehidupan saat ini. 4C merupakan akronim dari empat ketrampilan mahasiswa  yaitu, berpikir kritis (critical thinking), komunikasi (communication), kerja sama (collaboration), dan kreatif (creative). Penjelasan tentang 4C , dan bagaimana dosen dapat memfasilitasi mahasiswa untuk memperkuat keempat point tersebut .Hal ini dilakukan agar mahasiswa mampu menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengasah kreativitasnya. Berfikir kritis membantu mereka untuk belajar lebih banyak lagi tanpa batasan dan kepuasan belajar karena mereka akan selalu ada dan siap untuk mempelajari hal-hal baru yang mereka tahu akan bermanfaatan bagi kehidupan pribadi mereka nantinya. Upaya dosen dalam proses pembelajaran untuk membuat mahasiswa lebih aktif dan mengasah keingitahuannya dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan awal (bainstroming).

 


Keywords


ketrampilan,proses belajar, kritis.

Full Text:

PDF

References


Barker, Cris. 2009. Cultural Studies. Teori dan Praktek. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Lambang Trjono Suharko, 1998. Sosiologi studi dan Pengajaran. Departemen Pendidikan dn Kebudayaan.

Prof. Dr. A.A. Anom Kumbara, MA. Paradigma & Teori-teori Studi Budaya, Swasta Nulus Jl Batanghari Dps.

Salim, Agus, 2006. Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Storey, John. 2007. Culture Studies dan Kajian Budaya Pop (terjemahan), Yogyakarta: Jalasutra

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturasi Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Pos Bali, Bumi Gora, Kamis Umanis, 22 September 2022.

Sutrisno, Mudji, Putranto, Hendar. 2005. Teori-teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Kumbara, A.A. Ngurah Anom. 2019. Konstruksi Identitas Sasak: Pemikiran tentang Pergaulatan Kuasa Islam, Adat, dan Modernitas di Lombok. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v6i1.803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats