G-20 EMPOWER MENDORONG UPAYA MENGUATKAN POSISI PEREMPUAN SEBAGAI PENGUSAHA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN NASIONAL
Ni Wayan Sutiani, Y. Gede Sutmasa
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak objek pariwisata untuk dikunjungi, baik wisata alam maupun wisata buatan. Tingginya minat masyarakat yang ingin berkunjung di berbagai objek pariwisata, membuat industri pariwisata dapat mendatangkan manfaat dan keuntungan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan sebagai sumber devisa negara. Dalam 20 tahun terakhir hingga sebelum pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi global. Hal inilah yang membuat Indonesia masuk ke dalam kelompok G-20.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah strategi apa yang dibahas dalam G20 terkait peran perempuan dalam meningkatkan Perekonomian dan Bagaimana Peran Nyata Perempuan G20 dalam meningkatkan Perekonomian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang dibahas dalam G20 terkait peran perempuan dalam meningkatkan perekonomian nasional adalah pPertama produktivitas perempuan pascapandemi dan kedua perspektif kalangan swasta terhadap entrepreneurship (wirausaha) kalangan perempuan. Adapun peran nyata perempuan G20 untuk meningkatkan perekonomian antara lain:Peran kewirausahaan oleh kaum perempuan melalui inklusi bisnis.Indonesia memiliki lebih dari 64 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar 60%. Dari jumlah itu, sekitar 64% di antaranya melibatkan kaum perempuan. Selain itu Perempuan memiliki peran yang strategis pada UMKM di Indonesia, di mana sebanyak 34% usaha menengah dijalankan oleh perempuan, bahkan 50,6% usaha kecil dan 52,9% usaha mikro juga dijalankan oleh perempuan.
Keywords
G-20 Empower, posisi perempuan, pengusaha, peningkatan perekonomian