EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI PEMBELAJARAN DARING DI KALANGAN MAHASISWA

Putu Eka Purnamaningsih, Kadek Wiwin Dwi Wismayanti

Abstract


Pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan pengaruh yang sangat besar diberbagai sektor kehidupan masyarakat terutama pada dunia pendidikan. Salah satu kebijakan yang dibuat pemerintah dalam mengatasi permasalah pendidikan ditengah pandemic, pemerintah mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau secara daring sebagai upaya untuk mengatasi pendidikan ditengah pandemic. Pembelajaran jarak jauh adalah suatu proses kegaitan pembelajaran yang tidak dilakukan disuatu tempat yang bersamaan melainkan dilaksanakan ditempat yang berbeda melalui daring.Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana efektivitas pembelajaran daring dikalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dimana metode ini menggambarkan tentang masalah yang diteliti secara jelas dengan menelaah dan menguraikan data yang ada secara rinci dan sistematis. Teknik pengumpulan data pun dilaksanakan dengan wawancara tidak langsung dan langsung. Sumber data yangdigunakan yaitu data sekunder dan primer. Penelitian ini menggunakan wawancara tidak langsung yaitu berupa kuesioner dengan 100 responden dengan memberikan 5 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 56% mahasiswa memberikan tanggapan cukup puas dengan pembelajaran daring. Media yang digunakan dalam pembelajaran daring 90% mengatakan menggunakan webex. Materi yang disampaikan pun dalam proses pembelajaran cukup baik diterima oleh mahasiswa. Kendala yang dihadapi oleh mahasiwa dalam pembelajaran daring menunjukan 48% kurang memahami materi yang disampaikan. Dan hasil penelitian terakhir menunjukan 64% responden mengatakan proses pembelajaran online cukupefektif.


Keywords


Efektivitas kebijakan pemerintah, pembelajaran daring, pandemic Covid -19

Full Text:

PDF

References


Dewantara, Jagat Aditnya&T. Heru Nurgiansah.2021. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid.19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basi Cedu Vol. 5 No. 1 Hal. 367-375. Tersedia di https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/669.

YolandaSari, Mega Berlian. 2020. efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A Mi unggulan Miftahul Huda tumang Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2019-2020 tersedia di http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9550/.




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v5i1.393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats