HUBUNGAN STATUS KESEJAHTRERAAN PSIKOSOSIAL DENGAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN

Dewa Putu Arwidiana, Desak Made Ari Dwi Jayanti

Abstract


Kesejahteraan secara psikososial dan interaksi sehari-hari sangat dibutuhkan setiap individu dalam menjalin kumunikasi sossial secara efektif dan praktis pada lingkungannya terlebih dalam dunia Pendidikan. Kesejahteraan psikologis dangat mempengaruhi kinerja untuk memberikan pelayanan prima pada pelanggan baik internal maupun external. Tenaga kependidikan merupakan tenaga yang terintegrasi dalam institusi pendidikan tetapi tidak terlibat secara langsung dengan peserta, namum memiliki peran dan dapat mempengaruhi suasana kondusif di sebuah institusi. Permasalahannya apakah ada hubungan status kesejahteraan psikososial dengan kinerja tenaga kependidikan?. Methode peneliytian ini deskriptif kuantitatif  dengan populasi 100 orang dan sampel 57 responden. Analisis data menggunakan Spearmen Rho. Hasil penelitian : statuis Neurosuis berhungan dengan kinerja sedangkan Psikosis dan Post Traumatic Strss Disorder tidak berhubungan secara signifikans. Pembahasan: status neuriosis memiliki hubungan yang signifikans oleh karena situasi dan kondisi lingkungan sangat berpengaruh pada status psikososial individu, status psikososial individu memiliki dinamika yang sangat tinggi dan bersifat terbuka, sedangkan status psikosis dan Post Traumatic Stress Disorder tidak meiliki hubungan oleh karena status tersebut lebih menekankan dan berpengaruh pada perikaku yang menjadi karakteristik seseorang bersifat tertutup dan tidak terpoengaruh oleh lingkungan sekitar. Simpulan penelitian , status psikososial pada situasi tertentu sesuai dengan kondisi lingkungan yang menyertai individu memiliki hubungan yang signifikan.

Keywords


kesejahteraan, kinerja, psikososial

Full Text:

PDF

References


Bahri, S., Zaki, M., & Zulkarnain, F. (2018). Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Stres Kerja Pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Bagian Utara. In Jurnal Manajemen.

Hapid, H., & Sunarwan, A. R. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Financia Multi Finance Palopo. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 1(2), 7–16. https://doi.org/10.35906/jep01.v1i2.109

Hawari. (2018). Pendekatan Holistik Pada Gangguan Jiwa Skizofrenia. Balai Penerbit FKUI.

Kemala, A. (2018). Faktor Psikososial Lingkungan Kerja (Studi Kasus) Pada Karyawan Pabrik Ssp Pt. X. Jurnal Psikologi, 11(1), 95–106. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i1.2077

Marga, A. D., Dw, S., & Dasuki, D. (2016). Hubungan Antara Stresor Psikososial Dengan Gangguan Menstruasi Pada Remaja Smp Pasca Erupsi Merapi Di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 2(3), 171–181. https://doi.org/10.22146/jkr.12655

Putra, M. . (2013). Studi tentang psikososial dan kinerja petugas kesehatan di puskesmas somba opu gowa. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8344/1/muhkemalpu-1049-1-13-muh.-6 1-2.pdf

Republik Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. In Zitteliana (Vol. 18, Nomor 1). Republik Indonesia.

Riniwati & Harsuko. (2016). Manajemen Sumber Daya Mnusia Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM). UB Press.

Risma, D., & Nurlita. (2015). Hubungan Kesejahteraan Psikologis Dengan Kinerja Guru Paud Se Kota Pekanbaru. Educhild, 4(2), 145–153.

Safira, R. . (2019). Hubungan kesejahteraan psikologis dengan kinerja kontekstual pada guru sekolah dasar swasta di kecamatan lowokwaru, kota malang.

Souwandi, O. (2014). Hubungan antara persepsi terhadap lingkungan psikososial kerja dengan motivasi kerja karyawan. Modal sosial dalam pendidikan berkualitas di sekolah dasar muhammadiyyah muitihan, september.

Tri, R., Simanullang, W., & Ratnaningsih, I. Z. (2018). Hubungan Antara Kesejahteraan Psikologis Dengan Keterikatan Kerja Pada Perawat Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit X Kota Semarang. Empati, 7(4), 290–296.

Videbeck. (2018). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. EGC.

Yulaizah, N. (2014). Peran Budaya Organisasi Memoderasi Pengaruh Motivasi Intrinsik, Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Taman Pemalang.

Zaman, N., & Tjahjaningsih, E. (2017). Pengaruh Modal Psikologi dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Dimediasi oleh Kepuasan Kerja. In Jurnal Bisnis dan Ekonomi (Vol. 24, Nomor 1).




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v5i1.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats