Dampak dari Pandemi Covid-19 Melakukan Studi Work From Home

Ni Wayan Sutiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi memperoleh informasi mengenai kendala proses belajar mengajar online di rumah akibat adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksploratori dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kendala dan konsekuensi pandemi COVID-19 pada kegiatan belajar mengajar di Universitas Mahendradatta. Dalam penelitian ini terdapat 6 (enam) responden yang terdiri dari mahasiswa, orang tua dan dosen. Untuk keperluan kerahasiaan, responden diberi inisial R1, R2, R3, R4, R5 dan R6. Wawancara semi-terstruktur dilakukan dan daftar pertanyaan yang dikumpulkan untuk wawancara dikembangkan berdasarkan literatur terkait. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri / swasta di Bali. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa kendala yang dialami siswa dalam kegiatan belajar mengajar secara online yaitu penambahan biaya kuota internet yang meningkat hingga tiga kali lipat dari tarif biasanya, kemudian kendala sinyal internet mengakibatkan kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif karena tersendat-sendatnya sinyal yang terkadang dapat memutus percakapan begitu saja, atau percakapan menjadi kurang jelas yang mengakibatkan salah komunikasi. Ada juga yang belum paham bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut, lalu kecanggihan atau type masing-masing hp atau laptop yang berbeda, yang menyebabkan perangkat elektronik tersebut terasa lebih berat pada memory atau ramnya. kemudian pada saat proses belajar mengajar berlangsung baterai lebih cepat habis, macet dan panas. Kemudian yang paling berbahaya adalah kesehatan mata yang bertahan lama di depan ponsel atau komputer atau laptop anda, akibat paparan radiasi yang tinggi dari layar atau LCD. Para orang tua juga mengeluhkan bahwa dengan belajar dari rumah, pengeluaran semakin meningkat, dan biaya UKT harus dibayar.


Keywords


pandemy covid-19; teaching and learning; work from home

Full Text:

PDF

References


Asbari. M.,Nurhayati. W.,Purwanto.A,. (2020).The effect of parenting style and genetic personality on children character development. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan : 23(2). DOI: https://dx.doi.org/10.21831/pep.v 23i2.28151 Asbari, M., Wijayanti,L.M, Hyun, C.C., Purwanto, A., Santoso, P.B,(2020).Effect of Tacit and Explicit Knowledge Sharing on Teacher Innovation Capability,Dinamika Pendidikan, 14(2),47- 59, https://doi.org/10.15294/dp.v14i2.2 2732 Asbari, M., Wijayanti, L., Hyun, C., Imelda, D., yanthy, E., & PURWANTO, A. (2020). HARD SKILLS ATAU SOFT SKILLS: MANAKAH YANG LEBIH PENTING BAGI INOVASI GURU. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1- 20.

https://doi.org/10.33487/edumaspul .v4i1.333 Asbari, M., Nurhayati, W., Purwanto, A., & Putra, F. (2020).Pengaruh Genetic Personality dan Authoritative Parenting Style terhadap Pendidikan Karakter di Aya Sophia Islamic School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 142-155. https://doi.org/10.33487/edumaspul .v4i1.341 Burd, B. and Buchanan, L. (2004), "Teaching the teachers: teaching and learning online", Reference Services Review, Vol. 32 No. 4, pp. 404-412. https://doi.org/10.1108/009073204 10569761 Burd, B. and Buchanan, L. (2004), "Teaching the teachers: teaching and learning online", Reference Services Review, Vol. 32 No. 4, pp. 404-412. https://doi.org/10.1108/009073204 10569761 Chakraborty, M. and Muyia Nafukho, F. (2014), "Strengthening student engagement: what do students want in online courses?", European Journal of Training and Development, Vol. 38 No. 9, pp. 782-802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11- 2013-0123 Drago, W. and Wagner, R. (2004), "Vark preferred learning styles and online education", Management Research News, Vol. 27 No. 7, pp. 1- 13.https://doi.org/10.1108/0140917 0410784211 Leslie, H. (2019), "Trifecta of Student Engagement: A framework for an online teaching professional development course for faculty in higher education", Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, Vol. aheadof-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JRIT-10- 2018-0024 Lewis, S., Whiteside, A. and Dikkers, A. (2015), "Providing Chances for Students to Recover Credit: Is Online Learning a Solution?", Exploring Pedagogies for Diverse Learners Online (Advances in Research on Teaching, Vol. 25), Emerald Group Publishing Limited, pp. 143-157. https://doi.org/10.1108/S1479- 368720150000027007 Pillai, R. and Sivathanu, B. (2019), "An empirical study on the online learning experience of MOOCs: Indian students’ perspective", International Journal of Educational Management, Vol. 34 No. 3, pp. 586-609. https://doi.org/10.1108/IJEM-01- 2019- 0025

Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, P.(2019). Does Culture, Motivation, Competence, Leadership,Commitment Influence Quality Performance?. Jurnal Inovasi Bisnis, 6(2), 201- 205. DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7 i2.1210 Zhao, F. (2003), "Enhancing the quality of online higher education through measurement", Quality Assurance in Education, Vol. 11 No. 4, pp. 214-221. https://doi.org/10.1108/096848803 10501395




DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v4i1.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :

Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

View My Stats