Efektivtias Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pada Kantor Desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan
Abstract
mereka memberikan kesimpulanya bahwa kualitas pelayanan publik di Indonesia masih
sangat rendah. Secara umum penyebab dari kondisi rendahnya kualitas pelayanan publik
masih berkisar pada rendahnya kualitas sumber daya manusia, penguasaan dalam teknik
manajemen pelayanan publik yang kurang memadai serta masalah moral dan etika pelayanan
publik yang belum mampu bersikap adil dan merata dalam member pelayanan
pada masyarakat diyakini menjadi penyebab kurang memadainya kualitas pelayanan
publik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penyelenggaraan pelayanan publik pada
Kantor Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Metode penelitian yang
digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian survey dengan format penelitian
Deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh anggota masyarakat di lingkungan Desa
Candikuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan yang membutuhkan pelayanan administrasi
umum. Penetapan sampel dapat disajikan data jumlah kunjungan ke Kantor Kepala
Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Kecamatan. dalam 3 bulan
berturut-turut. Teknik penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah menggunakan
analisis deskriptif, yang dibantu dengan tabel tabulasi. Hasil penelitian dilihat dari variabel
kualitas pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten
Tabanan dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan sebagai pelayanan berkualitas. Dilihat
dari variabel kepuasan masyarakat pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Candikuningi,
Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan belum dapat memenuhi kepuasan masyarakat
sebagai pengguna pelayanan. Adapun saran yang dapat disampaikan antara lain: Keterbukaan
informasi tentang persyaratan administrasi teknis dan administrasi keuangan dalam memberikan
pelayanan masih perlu mendapatkan perhatian, Keterbukaan informasi tentang kepastian
waktu penyelesaian pada setiap urusan masih perlu mendapat perhatian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faisal, Sanafiah, 1989, Penelitian Sederhana,
Penerbit Yayasan Asah Asih
Asuh (YA3) Malang.
Gorda, 1994, Metodologi Penelitian Ilmu
Sosial Ekonomi, Penerbit Widya
Karya Gematika, Denpasar.
Islamy, M. Irfan, 1998, Pidato pengukuhan
Guru Besarnya di Universitas
Brawijaya
Keputusan Mentri Negara Pendayagunaan
Aparatur Negara, Nomor 81 Tahun
, Tentang Pedoman Pelaksanaan
Pelayanan Umum.
Merta, I Nengah, 2000, Studi tentang
Kualitas Pelayanan Publik.
Moenir H.A.S., 2001, Pelayanan Umum
di Indonesia, Cetakan Kelima, PT.
Bumi Aksara, Jakarta.
Nurdjaman, dkk, 2004, Modul Pelayanan
Prima Lembaga Pelayanan Terpadau
Satu Atap.
DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v1i1.112
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Cakrawarti Indexed By :
Jurnal Ilmiah Cakrawarti site and its metadata are licensed under CC BY-SA
View My Stats